HR 5171 A, Bintang yang 1.300 Lebih Besar Dari Matahari
Sumber: dailymail.co.uk

Nasional / 16 March 2014

Kalangan Sendiri

HR 5171 A, Bintang yang 1.300 Lebih Besar Dari Matahari

Lois Official Writer
5131

Sebuah bintang kuning raksasa yang ukurannya 1.300 kali lebih besar dari ukuran Matahari, telah ditemukan oleh sejumlah ilmuwan di Very Large Telescope European Southern Observatory, Chile. Bintang yang dinamai HR 5171 A itu merupakan salah satu dari 10 bintang terbesar yang pernah ditemukan manusia.

“Pengamatan baru menunjukkan ini memiliki pendamping biner yang sangat dekat,” ujar Oliver Chesneau, pemimpin penelitian, seperti dilansir Daily Mail beberapa waktu lalu. Saking dekatnya antara bintang dengan pendampingnya, maka terlihat seperti bentuk kacang raksasa.

Saking besarnya bintang ini, kita yang berada di Bumi dapat melihat dengan mata telanjang, meski jaraknya hampir 12 ribu tahun cahaya. Namun bintang ini merupakan bintang yang tidak stabil dan cepat berubah meskipun yang paling terang. Bintang ini mampu mengusir materi keluar sehingga membentuk atmosfer yang luas di sekitar bintang.

Adapun suhu permukaan HR 5171 A diperkirakan mencapai 5.000 derajat Celcius, sementara suhu permukaan bintang pendamping diketahui lebih panas dari HR 5171 A. Selain bintang ini, ditemukan juga sebelumnya bintang yang besar seperti Rho Cassiopeiae.  

Tentu ini hanya salah satu bukti bagaimana berkuasanya Tuhan yang mampu membuat itu semua, sehingga kita terkagum-kagum akan ciptaan-Nya. Termasuk kita sebagai manusia yang diajarkan-Nya untuk menguasai Bumi, salah satu planet ciptaan-Nya, sesuai dengan yang tertulis dalam kitab suci.

 

Baca juga :

Daripada Tabungan Bersama Untuk Menikah, Lebih Baik Lakukan Ini

Recharge Your Soul : Keajaiban Cinta

FreedomPop Buat Telepon Pintar Anti Penyadapan

Tersenyumlah Jika Ingin Sehat

Tips Punya Keuangan Lebih Oke Meskipun Freelance

Jika Jatuh Cinta Pada Suami Orang

Sumber : viva.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami