6 Tips Cegah Smartphone Mudah Panas

Entertainment / 29 July 2015

Kalangan Sendiri

6 Tips Cegah Smartphone Mudah Panas

Lori Official Writer
4015

Semakin populernya pemakaian smartphone dalam kehidupan sehari-hari, membuat produk teknologi modern ini menjadi semakin penting. Wajar tentunya jika dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari para pengguna bahkan tak bisa dipisahkan dari ponsel pintarnya.

Namun di sisi lain, banyak konsumen yang belum menyadari dampak negatif akibat penggunaannya yang berlebihan. Banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena tidak menggunakan smartphone dengan tepat dan teliti. Salah satunya adalah abai dengan kondisi panas yang timbul pada smartphone. Akibatnya, suhu panas membuat smartphone meledak dan melukai penggunanya. Suhu panas ini bisa timbul dari cara penggunaan yang berlebihan atau tidak sesuai dengan kaidah penggunaan smartphone. Untuk menghindari bahaya suhu panas smartphone, Anda bisa melalukan langkah-langkah pencegahan ini.

1. Gunakan baterai original

Salah satu faktor penyebab smartphone mudah panas dan meledak adalah penggunaan baterai palsu. Jadi hindarilah menggunakan baterai palsu ketika baterai bawaan smartphone Anda mungkin sudah rusak. Sebaiknya carilah baterai yang memiliki label produk asli sesuai dengan brand smartphone Anda.

2. Sinyal tidak stabil

Smartphone akan bekerja lebih gigih ketik jaringan atau sinyal tidak stabil. Akibatnya, komponen ponsel jadi panas. Saat menghadapi situasi itu, baiknya hindari penggunaan device untuk browsing. Aktivitas pencarian itu bisa menyebabkan proses kinerja ponsel terus menerus sehingga berpotensi akan memudahkan smartphone kepanasan.

3. Semua aplikasi ponsel bekerja secara bersamaan

Penggunaan aplikasi yang dijalankan sekaligus akan membuat prosesor smartphone mudah panas karena terlalu sibuk. Hal ini mungkin tidak disadari para pengguna, namun akan lebih baik jika sebagian aplikasi dihentikan saat mengaktifkan smartphone.

4. Jangan gunakan saat sedang mengisi daya

Hal ini sangat penting karena banyak yang keliru menggunakan smartphone. Entah karena alasan sibuk, urusan penting atau mendadak, namun menggunakan smartphone saat masih dalam proses pengisian daya bisa berpotensi pada suhu smartphone yang panas dan bisa jadi meledak. Akan lebih aman bila membiarkan proses pengisian baterai hingga penuh atau jauh lebih baik mematikan ponsel selama proses pengisian.

5. Pasang aplikasi pemantau suhu panas

Tak hanya menciptakan aplikasi-aplikasi canggih untuk smartphone, para ahli teknologi di zaman ini bahkan sudah memiliki solusi dalam mengatasi persoalan ini, yaitu dengan menyediakan aplikasi pemantau suhu panas pada ponsel. Tentunya aplikasi ini diperuntukkan agar para pengguna bisa memantau suhu ponsel sewaktu-waktu dan juga sebagai alarm agar menghindari penggunaan smartphone secara berlebihan.

6. Pakai charger asli

Sama halnya dengan penggunaan baterai smartphone palsu, mengisi daya ponsel dengan charger yang tidak original juga bisa berdampak buruk. Karena ada kalanya beberapa charger tidak cocok dengan tipe ponsel tertentu, akibatnya pengisian baterai tidak maksimal atau malah hanya menyebabkan ponsel panas dan menimbulkan kerusakan tertentu.

Bila sebelum ini Anda masih kerap melakukan hal-hal di atas, maka sejak saat ini berhati-hatilah dengan suhu panas yang ditimbulkan ponsel pintar Anda. Beri jatah penggunaan ponsel setiap harinya dan gunakan ponsel dengan cara yang aman.

Sumber : Kompas.com/Plimbi.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami