Pengamat: Mudik dan Imbasnya Bagi Ekonomi Nasional
Sumber: Google

Nasional / 22 July 2015

Kalangan Sendiri

Pengamat: Mudik dan Imbasnya Bagi Ekonomi Nasional

Theresia Karo Karo Official Writer
3733
Lebaran, identik dengan tradisi mudik masyarakat Indonesia yang terjadi hampir di setiap daerah. Namun lebih dari sekedar perayaan, mudik ternyata memberi dampak yang luar biasa bagi pertumbuhan perekonomian nasional.

Peningkatan konsumsi masyarakat saat hari raya Idul Fitri bahkan disebut mampu mendorong perekonomian di daerah. Hal ini diungkapkan oleh Ina Primiana, Pengamat Ekonomi dari Universitas Padjajaran, di Bandung.

Dilansir dari Liputan6 (21/7), Ina mengungkapkan bahwa, “Di sepanjang jalan yang dilewati pemudik, roda perekonomian berjalan karena pemudik membelanjakan uangnya untuk makanan, jajan, wisata, hiburan dan buat oleh-oleh. Semua itu konsumsi masyarakat yang berdampak besar buat ekonomi kita.”

Dan dalam kesempatan yang sama, para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) juga turut berkontribusi. Uang yang dikirimkan TKI kepada keluarga dan saudara di Indonesia untuk merayakan Lebaran juga dapat memicu transaksi perbankan. Karena semakin tinggi jumlah uang yang dibelanjakan di Indonesia.

Menurutnya, transaksi uang untuk merayakan Lebaran sangat besar setiap tahunnya. Meskipun begitu, untuk tahun ini kondisinya agak sedikit berbeda. Perlambatan ekonomi Indonesia diakuinya menjadi penyebab pelemahan daya beli masyarakat.


Sumber : Liputan6/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami