Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Theresia Karo Karo

Official Writer
9118


Uang dalam ilmu ekonomi modern didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang dan jasa serta kekayaan berharga lainnya dan untuk pembayaran hutang. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan uang sebagai alat pembayaran telah membuat fungsi uang menjadi sangat berperan dalam kehidupan.

Sebenarnya sah-sah saja bila tujuan kita bekerja keras untuk mencari uang adalah demi terwujudnya kehidupan yang lebih baik. Tetapi ketahuilah bahwa kebahagiaan sejati tidak bisa hanya diperoleh melalui kepemilikan uang semata. Agar tidak sampai menjadi “hamba” uang, berikut cara yang bisa dilakukan:

Amal
Tidak semua orang bisa berkesempatan merasakan keberhasilan dalam karir dan usaha. Hal yang baik bila setidaknya kita melihat keadaan orang lain yang kurang beruntung dan membagikan sebagian kelebihan kepada yang membutuhkan. Banyak contoh orang-orang yang telah sukses menjadi jauh lebih sukses dengan beramal. Janganlah kuatir dengan apa dan seberapa banyak yang akan disumbangkan. Karena Tuhan melihat ketulusan seseorang yang bersedia membantu sesama.
 
Bekal Ilmu
Pendidikan adalah harta yang tidak akan lekang oleh waktu. Peningkatan potensi dalam diri anda dengan maksimal dapat diperoleh dengan pendidikan dan keterampilan. Uang bisa habis, tetapi bekal ilmu bersifat kekal. Oleh karena itu bekali diri kita dengan pendidikan yang baik.

Hindari Gaya Hidup Mewah
Barang mewah seringkali menjadi ukuran dalam tingkat sosial dan meningkatkan ego seseorang. Jangan mengikuti ego kita, tetapi berusahalah untuk menekan hawa nafsu dan ego untuk memiliki barang mewah. Bijaksanalah dalam mengatur keuangan, sebaiknya digunakan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

Hindari Hutang
Hutang akan memaksa kita untuk bekerja lebih keras agar bisa melunasinya. Seperti jerat yang mengikat, sehingga penting bagi kita untuk sebisa mungkin menghindari hutang. Hidup akan jauh lebih tenang bila bebas hutang dan kita tidak sampai diperbudak oleh uang.

Keluarga Menjadi Prioritas
Bagi seseorang yang gila kerja, waktu akan terasa kurang. Prioritaskan kebersamaan keluarga karena waktunya terbatas. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Karena waktu tidak pernah bisa diputar dan tidak bisa dibeli dengan uang.

Kebahagiaan Sejati
Jangan lebih mementingkan kebutuhan duniawi, tetapi seimbangkanlah dengan kebutuhan rohani. Dengan ini kita bisa benar-benar dapat merasa bahagia. Karena kekayaan (uang) merupakan kebahagiaan yang bersifat hampa. Kebahagiaan sejati hanya bisa diperoleh dengan hubungan yang baik dengan Tuhan.

Seorang penulis besar mengatakan, “Akar segala kejahatan adalah cinta uang”. Karena pada kenyataaannya uang merupakan godaan terbesar manusia untuk melupakan Tuhan dan menjadi hamba uang. Barangsiapa mencintai uang, biasanya tidak akan pernah puas dengan apa yang telah dimiliki. Untuk itu, bijaklah dalam memanfaatkan uang yang dimiliki, karena hal ini berperan dalam menentukan tingkat kebahagiaan.
Sumber : Bersosbok/Keluarga.com by tk

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nur Isra 20 November 2019 - 02:46:08

Laporan arus kas Nesreen Co

0 Answer

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3