Lagi, Percobaan Membakar Gereja di Purworejo

Lagi, Percobaan Membakar Gereja di Purworejo

daniel.tanamal Official Writer
5949
<!--[endif]-->

Setelah oknum tak dikenal melakukan percobaan pembakaran terhadap Gereja Baptis Indonesia Jemaat Saman di Bantul DIY pada Senin dini hari (20/07), terjadi juga percobaan membakar Gereja Kristen Jawa di desa Tlepok Wetan, Grabag, Purworejo, Jawa Tengah pada saat yang sama.

Pendeta setempat bernama Ibnu Prabowo (57) menuturkan bahwa saat dirinya baru tiba setelah jalan sehat, dirinya mencium aroma bensin dan mendapati pintu bagian depan gereja sudah terbakar. Bersama tiga saksi lainnya, Ibnu melihat lokasi dan ternyata pintu depan dan sebelah Barat sudah terbakar separuh. Di pojok kiri pintu depan, saksi menemukan kertas bertuliskan, "Pesan atas tragedi Papua, Papua bakar gereja se Jawa".

Pendeta Ibnu pun segera melaporkan hal ini ke Kades setempat dan Polsek Grabag Polres Purworejo. Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol A Liliek Darmanto mengatakan kejadian tersebut hanya percobaan. "Tidak perlu diperbesar, itu percobaan. Yang kena pintunya" kata Liliek, seperti dirilis detikcom, Senin (20/7/2015).

Pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kerukunan beragama sementara pihak kepolisian tetap menangani kasus tersebut. "Kami tentu tidak diam (Polda Jateng dan Polres Purworejo) soal adanya kejadian itu. Tetep ditangani," tegasnya.

Dari peristiwa ini, sebanyak tiga saksi lain yang diperiksa yaitu Kustantia Prabaningtyas (22), Eni tri mulatsih (48), dan  Wiyoto (45). Sejumlah barang bukti pun diamankan, yaitu secarik kertas, 7 batang korek yaitu yang berada di depan pintu 5 batang, dan 2 batang di depan pintu sebelah barat gereja. Selain itu ada sisa arang dan abu bekas pintu terbakar.



Sumber : detik
Halaman :
1

Ikuti Kami