Doa Bartolome Blanco Marquez

Doa Bartolome Blanco Marquez

daniel.tanamal Official Writer
2354
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Salah satu doa paling menarik dari seorang tokoh terhadap pembalasan bagi mereka yang melakukan kekerasan, mungkin adalah doa yang dipanjatkan Bartolome Blanco Marquez. Pria berkebangsaan Spanyol yang mati dibunuh oleh kaum komunis Spanyol, bersama dengan anak-anak Tuhan lainnya pada tahun 1939 ini berdoa “"Saya mohon kepada kalian supaya melakukan pembalasan secara Kristen, dengan berupaya melakukan hal-hal baik bagi mereka yang melakukan hal-hal jahat terhadapku."

Sangat sulit memang di dunia yang amat keras ini kita untuk melakukan hal diatas. Tekanan terhadap anak-anak Tuhan sampai saat ini tidak pernah berhenti. Hal ini menimbulkan beberapa pendapat berkaitan dengan tekanan tersebut di kalangan anak-anak Tuhan sendiri. Seperti, tekanan terjadi karena anak-anak Tuhan tidak mau melawan; atau sebaliknya, jika anak-anak Tuhan sekali-kali memberikan perlawanan, maka tidak akan ada yang berani bertindak semena-mena terhadap anak-anak Tuhan. Ada pula yang berpendapat, karena anak-anak Tuhan adalah kaum minoritas. Semua pendapat ini menyiratkan bahwa anak-anak Tuhan sebenarnya bisa bertindak untuk "membela" imannya.

Sesungguhnya, kita bukanlah seorang penakut! Kita adalah anak-anak Tuhan yang memiliki iman dan dengan penuh keberanian mempertahankan imannya. Keberanian kita bukan ditunjukkan dengan kekerasan tetapi dengan kasih, atau keberanian kita timbul karena ada kasih yang besar kepada sesama. Tidak peduli bagaimana orang-orang yang belum percaya memperlakukan kita, tetapi kita tidak akan bertindak sama dengan mereka, karena kasih yang kita miliki telah mengalahkan dendam dan sakit hati di dalam diri kita. Dan, keyakinan akan kasih itulah yang membuat Marquez meminta agar anak-anak Tuhan melakukan pembalasan dengan berani, yaitu dengan cara melakukan hal-hal yang baik kepada musuh.

Sesungguhnya, orang-orang yang membenci anak-anak Tuhan adalah orang-orang yang mata hatinya telah ditutupi oleh kegelapan, sehingga mereka tidak bisa melihat mana yang benar dan mana yang tidak benar. Jangankan untuk mengenal dan percaya kepada Tuhan Yesus, untuk mengenal kita secara benar saja mereka tidak mampu. Tetapi, tindakan kasih kita merupakan terang yang bisa menyingkirkan kegelapan yang telah menutupi mata hati mereka tersebut.

Oleh sebab itu, marilah kita dengan segera melakukan pembalasan atas tekanan, penderitaan, dan segala kejadian pahit yang ditimpakan kepada kita dengan KASIH, supaya banyak orang yang mau bertobat dan diselamatkan!



Sumber : Manna Sorgawi
Halaman :
1

Ikuti Kami