Wah, Gereja Ayam Magelang Tersohor Hingga Mancanegara!
Sumber: thejakartaglobe.com

Nasional / 18 July 2015

Kalangan Sendiri

Wah, Gereja Ayam Magelang Tersohor Hingga Mancanegara!

Lori Official Writer
8783
<!-- endif]-->

Indonesia patut berbangga karena bangunan gereja berbentuk ayam yang tersembunyi di wilayah Magelang ini menjadi sorotan media asing seperti, Daily Mail dan Huffington Post belum lama ini. Bentuknya yang unik dan terasing di tengah hutan tepat di bagian barat Candi Borobudur. Jika di lihat dari ketinggian udara, kepala ayam tepat mengarah ke Candi Borobudur.

Gereja Ayam cukup sulit ditemukan, yaitu persis di bukit Dusun Gombong, Desa Kembanglimus. Jarak gereja unik ini sekitar 2.5 kilometer dari Candi Borobudur.

Mengenai sejarah pembangunannya, gereja ini adalah hasil karya anak bangsa asal Jakarta bernama Daniel Alamsjah (67). Seperti penuturannya, pria yang berprofesi sebagai pengusaha ini mengatakan bahwa sebenarnya bangunan itu bukanlah gereja, melainkan ruang doa. Bagian ikon yang terdapat di atas bangunan tepatnya adalah merpati, bukan ayam. Namun bangunan tampak masih setengah jadi lantaran pembangunannya dihentikan sejak tahun 2000 karena terkendala biaya konstruksi.

Daniel menuturkan, pembangunan Gereja Ayam awalnya muncul melalui sebuah ‘wahyu dari Tuhan’ untuk membangun ruang doa sebagai tempat segala keyakinan mengambil tempat berdoa pada tahun 1989.  “Saya berdoa sepanjang malam di sana dan saya mendapat wahyu bahwa saya harus membangun rumah doa di tempat itu,” terang Daniel.

Sayang gedung doa setengah jadi itu kini tampak sudah sangat rampuh dan tak terawat. Meskipun begitu, Gereja Ayam tetap saja menjadi tujuan wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan lokal dan mancanegara. Namanya bahkan sampai tersohor hingga ke mancanegara karena para pengunjung yang datang kerap memeberitakan tentang ruang doa ini di media sosial dan blog-blog yang dapat diakses para wisatawan dari berbagai negara.

Sumber : Tribunnews.com/jawaban.com
Halaman :
1

Hot Topics

  1. Cahaya Bagi Negeri
  2. Tema Paskah 2024
  3. Daily Devotional
  4. Ayat Alkitab
  5. Kisah Nyata

Related Articles

Ikuti Kami