Bicara Seks Dengan Anak

Parenting / 16 July 2015

Kalangan Sendiri

Bicara Seks Dengan Anak

Lusiana Official Writer
2037
Oang tua cenderung takut atau was-was ketika anak-anak menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan alat reproduksi atau alat kelamin. Alasannya karena orang tua menganggap pendidikan seks adalah sesuatu yang vulgar dan tabu jika dibicarakan secara terbuka dengan anak.

Mengangkat topik seputar seksualitas dengan anak tetap harus dilakukan orang tua, agar anak-anak mendapatkan pengetahuan dari sumber dan figur yang tepat. Hanya saja perlu pendekatan yang baik ketika membicarakannya. Berikut beberapa langkah-langkah yang perlu diperhatikan orang tua ketika memberikan pemahaman tentang seksualitas kepada anak-anak menurut psikolog pendidikan dan anak Elisabeth T. Santosa.

Informasi yang Benar

Perkenalkan anatomi alat kelamin kepada anak sejak dini dengan menggunakan sebutan yang benar. Secara biologis alat kelamin dibagi menjadi dua yaitu jenis kelamin laki-laki disebut penis dan alat kelamin wanita disebut vagina. Tidak ada yang tabu atau “jorok” tentang hal itu dan tegaskan bahwa tidak boleh ada yang masuk ke alat kelamin mereka.

Open Discussion
Ajak anak-anak untuk berdiskusi bagaimana merawat tubuhnya. Siapa saja yang boleh membantunya saat sedang BAK/BAB. Ajarkan juga bagaimana cara membersihkannya.

Berpikir Kritis

Latih dan stimulasi anak untuk berpikir kritis. Beritahu mereka bahwa orang asing tidak boleh menyentuh 4 bagian dari tubuh mereka, yaitu; bibir, dada, genital (alat kelamin) dan anus. Jika itu terjadi diskusikan dengan anak langkah apa yang perlu dilakukan, misalnya lapor guru, orang tua, berteriak atau berlari.

Sikap Waspada
Latih anak untuk tidak berperilaku permisif atau terlalu ramah dengan orang asing. Cukup menyapa dan mengucapkan terima kasih namun tidak perlu mengajak orang asing untuk mengobrol atau bercerita hal-hal pribadi.

Menjadi orang tua memang menuntut kepekaan dan pembelajaran setiap hari. Semua hal dilakukan untuk melindungi sang buah hati termasuk meng-upgrade pengetahuan. Dukung jawaban.com agar dapat terus menyediakan tips dan informasi seputar parenting bagi para orang tua, pelayanan anak dan guru-guru. Donasi yang Anda berikan dengan menjadi Mitra CBN, akan menyelamatkan anak-anak dari ancaman kejahatan seksual.
Gift 365 ayat Alkitab siap menemani Anda setiap harinya selama setahun bagi Anda yang pertama kali menjadi Mitra CBN.
Segera hubungi kami melalui SMS ke 081.5965.5960 ketik JC # Nama Lengkap # Email atau klik disini.

Jadi tunggu apalagi, jadilah Mitra CBN sekarang juga!

Halaman :
1

Ikuti Kami