Jelang Lebaran, Ini Imbauan Uskup Ambon Untuk Umat Katolik
Sumber: Antara News

Internasional / 16 July 2015

Kalangan Sendiri

Jelang Lebaran, Ini Imbauan Uskup Ambon Untuk Umat Katolik

Theresia Karo Karo Official Writer
3165
Lebaran sebentar lagi. Tidak lupa Uskup Ambon, Mgr.P.C. Mandagi mengimbau umat Katolik di Maluku untuk menjaga stabilitas keamanan selama perayaan hari raya umat Islam ini berlangsung.

Dilansir Antaranews, Uskup Mandagi mengatakan, “Saya mengajak umat agar menjaga kondisi keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di masing-masing permukiman agar perayaan pesta iman umat Islam berlangsung aman, tertib dan sukses,” ungkapnya di Ambon, pada hari Rabu (15/7) kemarin.

Dirinya juga mengharapkan agar umat Katolik dan agama lainnya bisa mendukung saudara-saudara yang merayakan Idul Fitri 1436 Hijriah dengan menciptakan suasana aman, damai, dan nyaman.

“Masyarakat memiliki peranan strategis untuk membantu personil Polri/TNI dalam memelihara stabilitas keamanan di hari penuh kemenangan bagi basudara Islam yang sebulan menunaikan puasa,” tutur Uskup.

Selain itu, Uskup Ambon juga mengingatkan personel Polri/TNI untuk bertindak tegas terhadap mereka yang mengancam keamanan dan ketertiban jelang Idul Fitri. Termasuk masyarakat yang terlibat minuman keras, narkoba, dan ugal-ugalan saat berkendaraan.

Menurutnya, miras adalah salah satu pemicu tindak kriminal dan perkelahian antar warga. Dan tindak ugal-ugalan saat berkendara mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat. Oleh sebab itu, Uskup Mandagi berharap agar pihak keamanan bisa menindak tegas segala aktivitas yang tidak bertanggung jawab.
   
Terakhir, Uskup Ambon juga mengajak umat beragama di Maluku untuk saling bersilaturahmi saat Lebaran. “Umat Kristen bersilaturahmi ke basudara Islam sebagai cerminan jalinan keharmonisan antarumat beragama sebagai warisan leluhur,” imbaunya .

Sumber : Antaranews/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami