Gereja Presbitarian Tolak UU Pernikahan Sekuler?
Sumber: Jawaban.com

Internasional / 7 July 2015

Kalangan Sendiri

Gereja Presbitarian Tolak UU Pernikahan Sekuler?

Lori Official Writer
3950
Gereja Presbitarian NSW, Australia telah mengusulkan akan menarik diri dari Undang-Undang (UU) pernikahan sekuler jika parlemen federal melegalkan pernikahan sesama jenis. Gereja terbesar keempat Australia ini meminta gereja tingkat nasional menarik diri dari UU negara jika perubahan itu kemudian berlaku.

Isu ini muncul ketika anggota parlemen Liberal menyambut usulan dari Komisaris Hak Asasi Manusia (HRC), Tim Wilson yang berpikir tentang jaminan pernikahan sesama jenis terhadap perlindungan kebebasan beragama. Setelah melakukan jejak pendapat, alternatif yang diusulkan adalah dengan mengubah hukum pernikahan. Gereja menilai langkah tersebut akan mengancam arti pernikahan yang selama ini sudah dianut oleh gereja.

Seorang pejabat Gereja Presbitarian NSW John McClean berpendapat, jika kemungkinan gereja akan menarik diri dari hukum sekuler, gereja akan mencari cara untuk tetap merayakan pernikahan. “Mereka akan mencari cara untuk tetap merayakan pernikahan, “walaupun pelayanan kami tidak akan diakui oleh hukum Australia,” terang McClean, seperti dilansir BBC, Selasa (7/7).

Ia menambahkan, pernikahan yang indah dari Tuhan bisa hilang makna dan tujuannya ketika pernikahan sesama jenis dilegalkan. Sehingga gereja kemungkinan akan mendukung penarikan diri dari UU Pernikahan Sekuler. “Kami tidak ingin bercerai dari pernikahan, melainkan dari Hukum Pernikahan saja. Tapi kami masih mencari tahu kemungkinannya,” tandasnya.

Hingga saat ini, belum ada keputusan parlemen terkait realisasi perubahan hukum pernikahan yang selama ini hanya mengakui pernikahan antara laki-laki dan perempuan. Bahkan Perdana Menteri Australia Tony Abbott tetap  mendukung ketetapan hukum yang telah ada sebelumnya. 


Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI

Sumber : BBC/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami