Terungkap Motif Kebakaran 6 Gereja Kulit Hitam di Amerika
Sumber: News9.com

Internasional / 5 July 2015

Kalangan Sendiri

Terungkap Motif Kebakaran 6 Gereja Kulit Hitam di Amerika

Theresia Karo Karo Official Writer
4572
Setelah FBI bersama polisi Amerika Serikat melakukan penyelidikan terhadap kasus kebakaran di enam gereja kulit hitam, terungkap bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan insiden ini bermotif rasial. 

Pada hari Kamis lalu (2/7), Departemen Kehakiman AS menyatakan, insiden yang terjadi di lima negara bagian di selatan AS tersebut tidak menunjukkan indikasi saling berkaitan. Meskipun dalam kurun waktu berdekatan, namun hasil penyelidikan menyebutkan bahwa dua kebakaran terjadi akibat penyebab alami, sedangkan satu lainnya terjadi akibat api listrik. 

Disamping itu, hal yang berbeda diungkapkan oleh Southern Poverty Law Center. Organisasi hak sipil yang melacak kejahatan akibat kebencian ini mengutarakan bahwa, tiga dari enam kebakaran gereja terjadi karena faktor kesengajaan. 

Sebelumnya, kebakaran gereja ini memunculkan dugaan bermotif rasial karena terjadi tidak lama setelah pembunuhan sembilan orang kulit hitam yang tengah beribadah di sebuah gereja kulit hitam di Charleston, South Carolina (17/6). 



Sumber : VOA/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami