5 Anjuran Pola Makan Sehat Wanita Berusia 40 Tahun

5 Anjuran Pola Makan Sehat Wanita Berusia 40 Tahun

Lori Official Writer
3420
Usia kepala 4 adalah masa dimana wanita dan pria mulai mengalami penurunan dalam berbagai segi, termasuk tenaga. Khususnya wanita berusia 40 tahun akan mulai memasuki masa menopause dimana faktor hormonal pun akan cenderung menurun. Kondisi ini tentunya akan berdampak pada kesehatan psikologi dan psikis. Seperti kulit yang semakin keriput atau tenaga yang semakin menurun.

Nah, untuk tetap tampak bugar dan sehat wanita berusia 40 tahun wajib menerapkan 5 pola makan ini.

Perbanyak makan Ikan

Ikan adalah sumber Omega 3 yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan di usia rawan risiko penyakit kardiovaskuler dan jantung. Ikan salmon adalah salah satu pilihan tepat yang patut masuk dalam daftar diet makan harian wanita usia 40 tahun.  

Penuhi Kalsium

Kondisi hormonal yang semakin menurun akan berdampak pada penurunan kualitas tulang. Saat semakin tua, tulang akan mengalami kerapuhan dan rentan terserang osteoporosis. Untuk mencegah kondisi tersebut rajinlah mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium, seperti sayuran hijau dan susu.

Hindari makanan  cepat saji

Keseringan mengkonsumsi makanan cepat saji akan berdampak pada penimbunan penyakit dalam tubuh. Lama kelamaan akan memicu munculnya beragam penyakit seperti kolesterol, diabetes, hingga kanker. Kondisi akan semakin parah bila tidak diimbangi dengan olahraga fisik yang teratur. Setelah menyadari risiko ini, wanita berusia 40 tahun diharap sebisa mungkin menghindari makanan cepat saji.

Konsumsi makanan antioksidan

Makanan antioksidan berperan penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Jenis makanan dengan kandungan ini juga sangat baik untuk memperkuat sistem imun. Sehingga sangat disarankan untuk rajin makan sayur hijau, buah-buahan dan makanan jenis kacang-kacangan.

Banyak minum

Tak dimungkiri air putih adalah obat paling manjur untuk mengusir segala penyakit yang tertimbun dalam tubuh. Kesehatan yang semakin menurun di usia 40 tahun, memaksa wanita ataupun pria untuk memenuhi asupan mineral dalam tubuhnya.


Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI

Sumber : Liputan6.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami