Komitmen Jokowi Terhadap Penyandang Tuna Rungu
Sumber: Istimewa

Nasional / 24 June 2015

Kalangan Sendiri

Komitmen Jokowi Terhadap Penyandang Tuna Rungu

Theresia Karo Karo Official Writer
3303
Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk menciptakan lapangan kerja bagi penyandang tuna rungu di Indonesia. Perihal ini disampaikan langsung oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa usai pertemuan dengan Dewan Pimpinan Pusat Posko Perjuangan Rakyat Tuna Rungu Indonesia di Istana Merdeka, Selasa (23/6) lalu.

“Ini sebagai piloting. Seandainya dalam 1-2 tahun ternyata progress-nya bagus maka akan dikembangkan di daerah-daerah lain terutama di daerah timur,” terang Khofifah.

Rencananya pemerintah akan mendanai pembangunan pabrik garmen atau pengolahan daur ulang plastik. Dan nantinya, semua pekerja, mulai dari tim manajemen hingga tim teknis merupakan para penyandang tuna rungu. Untuk lokasinya sendiri, hingga saat ini belum bisa dipastikan. Namun ada usulan agar pabrik tersebut dibangun di daerah Bogor atau Karawang.

Selain itu, Khofifah juga menjelaskan bahwa pemerintah akan menggandeng Tim Manajemen asal Inggris, yang telah melangsungkan program yang sama di tujuh Negara. “Di Indonesia, mereka sudah pilot project di Tangerang dan Cilacap. Sehingga ini akan menjadi angin segar bagi proses sinergi antara usulan teman-teman tuna rungu, komitmen Presiden, dan rencana dari Tim Manajemen dari Inggris,” paparnya.

Berdasarkan keterangan
dari Khofifah, di tahap awal, pabrik percontohan mungkin akan dijalankan sekitar 500 penyandang tuna rungu. Namun Presiden Jokowi berharap agar pabrik ini bisa menyerap hingga 4.000 orang. Mengingat jumlah kaum difabel di Indonesia yang mencapai 6,06 juta orang pada tahun 2012.


Sumber : Tempo/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami