Paus Fransiskus: Pelaku Industri Senjata Tidak Kristiani

Internasional / 24 June 2015

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus: Pelaku Industri Senjata Tidak Kristiani

daniel.tanamal Official Writer
2509

Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, Paus Fransiskus kembali mengeluarkan kecamannya terhadap pihak-pihak yang berseberangan dengan perdamaian. Kali ini para pelaku industri senjata menjadi sasaran Paus. Dirinya menyebut mereka yang berkeyakinan Kristen dan berkaitan dengan industri itu tidak bisa disebut sebagai seorang Kristiani.

"Jika Anda hanya percaya pada manusia, Anda tersesat. Ini membuat saya berpikir tentang manusia, manajer, pekerja bisnis yang menyebut diri mereka Kristiani, tetapi mereka membuat senjata. Hal ini merujuk kepada ketidakpercayaan, kan?" ujar sang Paus yang disambut dengan tepuk tangan riuh oleh ribuan pemuda, dalam sebuah pernyataan panjang tentang perang, kepercayaan dan politik di Turin Italia.

Paus menambahkan mengenai pendapat yang pernah dia buat beberapa waktu lalu tentang Perang Dunia Pertama dan Kedua. Dirinya juga sempat menyinggung soal Tragedi Shoah, terminologi Ibrani untuk peristiwa Holocaust. "Kekuatan besar telah menciptakan jalur-jalur kereta yang membawa kereta api ke kamp-kamp konsentrasi seperti Auschwitz untuk membunuh Yahudi, Kristiani, kaum homoseksual, semuanya. Kenapa mereka tidak mengebom (jalur kereta itu)?" ujar Fransiskus.

Berbicara tentang Perang Dunia Pertama, Paus juga menyinggung soal Tragedi Besar Armenia, namun ia tidak menggunakan kata 'genosida'. Pada April lalu, Fransiskus memicu pertikaian diplomatik dengan menyebut pembantaian 1,5 juta warga Armenia 100 tahun lalu dengan istilah 'genosida pertama di abad 20'. Tindakan Fransiskus ini membuat Turki memanggil duta besarnya dari Vatikan.



Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami