5 Kiat Ampuh Ciptakan Impresi Terbaik
Sumber: Pixgood.com

Career / 22 June 2015

Kalangan Sendiri

5 Kiat Ampuh Ciptakan Impresi Terbaik

daniel.tanamal Official Writer
3007
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Sebuah studi yang dilakukan para ahli dari University of Glasgow, Inggris dan Princeton University menemukan, bahwa hanya dengan mengucapkan "halo", maka orang lain akan dapat menyimpulkan kepribadian Anda. Artinya, kesan kepribadian kita memiliki pengaruh yang luar biasa bagi orang lain. Tentunya kesan yang dapat ditumbuhkan ini dapat membuat dunia kerja menerima anda dengan cepat.

1. Pertimbangkan Bahasa Tubuh
Menurut riset yang dilakukan profesor Albert Mehrabian dari UCLA, Amerika Serikat, bahasa tubuh menyumbang 55 persen dari kesan pertama terhadap diri Anda. Kemudian, 38 persen berasal dari nada bicara dan tujuh persen dari kata-kata yang Anda ucapkan. Carol Kinsey Goman, penulis buku The Nonverbal Advantage menyatakan kalau wanita biasanya lebih ekspresif ketimbang pria. Sementara itu, pria cenderung lebih sering menunjukkan ekspresi wajah datar atau biasa disebut poker face. "Pria sering berekspresi wajah datar, yang membuat kita gila karena tidak bisa membaca apa maksudnya," ucap Goman. Goman menyarankan, agar Anda sering berlatih di depan cermin untuk membedakan kapan harus berbicara dengan pandangan lurus ke depan maupun sedikit membungkuk serta beragam gestur lainnya.

2. Perkenalkan Diri Anda
Ketika Anda berada di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan banyak orang dan tidak Anda kenal, jangan sungkan untuk maju dan memperkenalkan diri Anda pada seseorang. Ambillah inisiatif yang dipadukan dengan jabat tangan yang meyakinkan, kontak mata yang solid, dan senyuman yang akan menciptakan kesan yang kuat dalam perkenalan tersebut.

3. Ubah Nada Suara

Menurut studi yang dilakukan di University of Glasgow, kesan terhadap seseorang ditentukan oleh nada suara yang berbeda antara pria dan wanita. Wanita yang ingin dipandang sebagai seseorang yang dapat dipercaya harus meragamkan nada suaranya, sementara pria harus sedikit menaikkan nada suara. Di samping itu, studi tersebut juga menemukan bahwa pria yang memiliki nada suara rendah dipandang lebih dominan, sementara untuk wanita, malah yang  memiliki nada suara tinggi.

4. Pelajari Audience
Penting untuk mempersiapkan situasi apapun dan bila memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan mesin pencari Google untuk mencari tahu informasi tentang audience sebelum melakukan pertemuan. Alexander Todorov, profesor dari Princeton University menyarankan Anda untuk melakukan itu dalam urusan profesional.

5. Tingkatkan Kepercayaan Diri
Tidak semua orang merasa nyaman ketika bertemu dengan orang baru, namun ini tidak akan menjadi masalah bila Anda memiliki kepercayaan diri. Mulailah dengan mengambil napas dalam-dalam untuk menenangkan diri. Asosiasi Psikologi Amerika menyatakan bahwa berbicara dengan perlahan dan tenang, sementara menciptakan kontak mata, bisa membantu Anda terlihat lebih percaya diri.



Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami