Cara Hindari Jebakan Bunga Kartu Kredit
Sumber: FOTO ANTARA/Ismar Patrizki

Nasional / 19 June 2015

Kalangan Sendiri

Cara Hindari Jebakan Bunga Kartu Kredit

daniel.tanamal Official Writer
6396


Seperti diketahui, tingkat suku bunga yang tinggi pada kartu kredit tentu akan menciutkan nyali Anda untuk membayar tagihan kartu kredit. Karena semakin tinggi bunga yang dikenakan tentunya Anda harus membayar tagihan lebih tinggi. Namun, tak perlu khawatir, anda punya beberapa cara untuk menyiasati agar Anda tidak terjebak dengan tingkat bunga kartu kredit yang mencekik jika Anda tak bijak mengelolanya. Berikut tipsnya: 

Kartu Kredit Cukup Satu Saja

Apabila anda punya credit history yang baik akan sangat mudah memperoleh fasilitas perbankan, mulai dari menaikkan limit pinjaman, mengajukan KTA hingga memperoleh kartu kredit tambahan baik dari bank Anda sekarang atau bank lain.

Tapi realistislah. Jika Anda tergoda memiliki banyak kartu kredit, artinya Anda membuka peluang untuk terjebak bunga yang tinggi karena godaan kemudahan menggesek kartu kredit setiap saat.

Bandingkan Bunga

Carilah informasi tentang perbandingan bunga yang ditawarkan bank sebelum Anda memutuskan menggunakan kartu kredit. Hal ini membantu Anda menentukan apakah kartu kredit yang kini Anda gunakan menetapkan bunga yang wajar. Dengan informasi tersebut Anda bisa memutuskan untuk tetap menggunakan kartu kredit Anda atau menggantinya dengan yang baru. Kini banyak tersedia website yang menyediakan informasi tentang perbandingan bunga kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membayar Tepat Waktu

Untuk memastikan Anda tidak terjebak dengan tingkat bunga yang tinggi, pastikan Anda membayar tagihan Anda tepat waktu. Selain itu, jika melunasi tagihan kartu kredit tepat waktu, Anda juga tidak perlu membayar bunga. Namun jika tidak, tentunya Anda akan kewalahan pada bulan-bulan berikutnya karena menunggak utang plus bunganya kepada bank.

Gunakan Kartu Kredit dengan Limit yang Tinggi

Pilihlah fasilitas kartu kredit yang memiliki limit tinggi ketimbang Anda menggunakan beberapa kartu kredit. Karena dengan satu kartu kredit, Anda hanya perlu membayar biaya tahunan untuk satu kartu kredit. Saat terjadi gagal bayar tagihan kartu kredit pada bulan tertentu, Anda tentunya tak perlu bingung memikirkan jumlah bunga yang Anda bayarkan pada beberapa kartu kredit yang berbeda.

Gunakan Kartu Kredit sebagai Alat Pembayaran

Anggaplah kartu kredit sebagai alat pembayaran, bukan sebagai kartu utang. Dengan mindset seperti ini Anda tidak akan terjebak dengan pola “gali lubang tutup lubang” dengan bank penyedia kartu kredit. Usahakan Anda selalu membayar kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo.

Meskipun keadaan memaksa, usahakan melunasi nilai pemakaian kartu kredit. Jangan tergoda hanya membayar jumlah minimum karena jika dikenakan bunga, maka jumlahnya akan terus berlipat. Jika memang terpaksa, Anda harus membayar nilai dua atau tiga kali lipat dari jumlah minimum agar di kemudian hari utang tak berlipat ganda menjadi lebih banyak lagi.

 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami