Zhou Qunfei, Penemu Touchscreen yang Gemar Belajar

Zhou Qunfei, Penemu Touchscreen yang Gemar Belajar

daniel.tanamal Official Writer
2829
<!--[endif]-->

Terlahir dari keluarga miskin di Provinsi Hunan Tiongkok, tidak membuat semangat Zhou Qunfei untuk memperjuangkan tingkat kehidupannya biasa-biasa saja. Dirinya justru belajar dan terus belajar bagaimana mengelola dan menjalankan bisnis pribadi. Hal itu dipelajarainya ketika wanita ini berhenti dari sekolah di usia 15 tahun dan memilih untuk bekerja sebagai buruh migran di sebuah pabrik kaca di Kota Shenzen. Dunia kaca, menjadi salah satu konsentrasi bisnisnya.

Kesukaannya untuk belajar membuat Zhou selalu memilih bekerja di perusahaan-perusahaan di dekat Universitas Shenzen. Sebuah strategi sederhana bagi dirinya yang haus akan pendidikan dan kemudian mengambil kuliah paruh waktu di universitas itu. Zhou giat belajar dengan keras untuk menguasai segala macam bidang yang disenanginya mulai akuntansi, komputer hingga mengemudikan kendaraan komersial. Semua sertifikasi di bidang itu diraih. Salah satu penyesalan terbesarnya di dunia pendidikan adalah dirinya tidak sempat mengecap pelajaran bahasa Inggris.

Sebuah bisnis kecil yang didirikannya membuat Zhou (dibantu juga oleh kakak, adik dan kedua sepupunya) mendirikan sebuah perusahaan sendiri di tahun 1993 yang mengalami kesuksesan besar ketika memenangkan kontrak bernilai besar dari sebuah perusahaan elektronik Cina TCL Corporation untuk membuat layar ponsel. Zhou sendiri berkat konsentrasinya di dunia kaca berhasil membuat teknologi touchscreen untuk berbagai macam jenis gadget.

Passion-nya untuk belajar dan juga kerja kerasnya berbuah hasil yang berkali lipat setelah saham perusahaannya, Lens Technology naik tajam dalam perdagangan Bursa Efek Shenzen kemarin, Rabu (19/3). Saham Lens meroket 44 persen mengakibatkan Kekayaan perusahaan Zhou naik USD 315 juta dalam satu hari perdagangan di bursa efek tersebut. Zhou kini masuk dalam jajaran orang terkaya dunia. Dilansir dari Forbes, Lens Techonology adalah perusahaan pemasok kaca layar sentuh untuk smartphone Apple dan Samsung.

Zhou memiliki 592 juta lembar saham di Lens Technology. Naiknya nilai saham dalam perdagangan kemarin membuat total kekayaan Zhou di Lens naik menjadi USD 3,5 miliar. Dia mendirikan perusahaan ini bersama suaminya Zhe Junlong yang juga memiliki 7,9 juta lembar saham.

Kini, perusahaan Zhou memiliki 60.000 karyawan. Pendapatan perusahaan tahun lalu naik 8,6 persen menjadi USD 2,3 miliar. Zhou dan suaminya awalnya memiliki 99,1 persen saham di Lens hingga akhirnya terjun ke bursa saham. Kini Zhou memegang 88 persen saham setelah listing.




Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami