Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
8483


Matius 4 : 1 – 11

Ayat Alkitab diatas bercerita tentang setelah berpuasa 40 hari 40 malam, Yesus menjadi lapar dan Iblis datang kepada Yesus dan menawarkan kenikmatan dunia kepada Yesus.

Pelajaran Firman Tuhan yang Tuhan berikan pada ayat ini adalah di saat kita kering dan tanpa hubungan yang manis dengan Tuhan, Iblis masuk dan banyak membisikkan kata – kata yang dapat membuat kita jauh dari Tuhan. Yesus dicobai Iblis sampai 3 kali dan dalam keadaan lapar. Kita pasti pernah merasa lapar yang sangat luar biasa, jadi waktu kita makan makanan apa saja akan terasa lezat yang penting perut kenyang. Demikian juga jika keadaan rohani kita kosong dan hidup terasa berat, Iblis dapat mengelabui kita dengan tipu dayanya.  

Dikatakan dalam pembacaan Firman Tuhan hari ini, Iblis membawa Yesus ke padang gurun untuk dicobai. Kita tahu, di padang gurun itu panas. Ini menunjukkan kepada tentang kehidupan rohani kita yang kering dan berat dan mudah sekali bagi Iblis membawa kita kepada kebohongan yang yang ditabur Iblis. Ingat ! Iblis adalah pendusta dan bapa segala dusta ( Yoh. 8 : 44b ). Apa yang dijanjikan Iblis itu hanya kebohongan dan dusta belaka, tidak ada kebenaran sama sekali. Dan jika kita menuruti kehendaknya, maka yang terakhir kita pasti akan disuruh menyembah dia dan meninggalkan Tuhan kita ( Mat. 4 : 10 ). Jika Iblis memberikan pertolongan itu semua tidak ada gratis dan harus dibayar dengan harga yang mahal bahkan nyawa kitapun jadi taruhannya.

Setiap manusia, selama dia bernafas pasti akan mengalami pencobaan dan ujian dalam hidup ini. Pada saat kita bisa menghadapi ujian dan pencobaan dalam hidup ini kita pasti naik setingkat lebih tinggi. Ujian dari Tuhan, pencobaan datangnya dari Iblis.

Perbedaan ujian dan pencobaan :

1.    Ujian

Ujian datangnya dan seijin Tuhan. Dan rasanya tidak enak, tetapi di dalam ujian ada kekuatan Tuhan yang memberi kita kemampuan untuk menghadapi ujian itu. Ujian membuat kita makin melekat kepada Tuhan dan kita diajar Tuhan untuk senantiasa bersandar kepada kekuatan Tuhan bukan kekuatan kita

Contoh dalam Firman Tuhan adalah : Yusuf

Yusuf disayang oleh Yakub dan hal ini membuat saudara – saudaranya menjadi iri. Yusuf dibuang dan dijual sebagai budak. Di tempat Potifar, Yusuf difitnah oleh istri Potifar kemudian dijeblokkan ke penjara. Bertahun – tahun dia dipenjara karena difitnah bukan karena adanya kesalahan yang dibuat.

Tetapi di dalam ujian iman itu, Yusuf tetapi bersandar kepada Tuhan. Dia tidak mengeluh tetapi ia tetap memuji Tuhan. Dan yang terjadi adalah Tuhan mengangkat Yusuf dari penjara menjadi orang no. 1 di Mesir.

Ujian terasa sangat berat bila kita berjalan dengan kekuatan kita sendiri, ada banyak orang percaya yang tidak kuat dalam ujian ini, dan akhirnya mereka jatuh meninggalkan Tuhan. Tetapi barangsiapa yang percaya bahwa pertolongan Tuhan selalu tepat waktu dan tidak pernah meninggalkan kita, ia akan terus berdiri teguh dan naik 1 tingkat. Ujian memang berat, tetapi mendatangkan kebaikan bagi iman dan percaya kita.

2.    Pencobaan

Pencobaan datangnya dari Iblis. Pencobaan itu terasa nikmat, dan keduniawian. tetapi kenikmatan itu hanya sesaat saja. Ada banyak anak Tuhan yang meninggalkan iman dan percayanya kepada Tuhan Yesus hanya karena kenikmatan sesaat. Contoh dalam Firman Tuhan adalah Demas ( 2 Tim. 4 : 9 – 11 ). Ia mencintai dunia dan meninggalkan Tuhan juga pelayanannya. Bukan hanya Demas saja tetapi zaman banyak sekarang banyak Demas – Demas yang lain yang jatuh dalam dosa karena kenikmatan sementara.

Di Firman Tuhan hari ini kita diajarkan bagaimana Iblis menawarkan hal – hal kedagingan kepada Yesus juga kepada kita saat ini. Batu diubah menjadi roti menunjukkan sebuah hal yaitu kejujuran diubah menjadi kebohongan dan dusta. Tidak pernah ada ceritanya batu diubah menjadi roti dan bisa di makan.

Kedua adalah diajak kebubungan bait suci dan disuruh meloncat, itu menunjukkan kepada kita hal yang tidak masuk akal yang ditunjukkan Iblis untuk membuat kita mempercayai segala dusta yang ditebar oleh Iblis. Banyak cara yang menyesatkan manusia, bahkan orang percayapun bisa mempercayai apa yang dilihat dan didengarnya. Suatu contoh sebuah batu dapat menyembuhkan penyakit, bahkan ketika mertua saya masih hidup dia cerita hampir disesatkan seorang “ pendeta “, yang katanya hamba Tuhan.

Mertua perempuan saya menderita kanker stadium lanjut, karena ia ingin sembuh dia mendengar ada seorang “ pendeta “ bisa menyembuhkan sakit dengan membawa bunga melati juga anak kambing. Katanya penyakitnya dapat dipindahkan ke anak kambing melalui media bunga melati. Dan mertua saya ini mau ke “ pendeta “ itu dan mertua saya cerita sama saya. Kemudian saya mengatakan kepada mertua saya “Jangan percaya ma, sebab tidak ada kesembuhan macam itu. Itu kuasa kegelapan“ Dan Puji Tuhan mertua saya menurut dan tidak jadi pergi ke “pendeta“ itu.

Dan banyak cara Iblis menyesatkan manusia dengan liciknya. Ingat Iblis dapat mengadakan mukjizat, Iblis bisa menyembuhkan penyakit tetapi penyakitnya yang dipindah, Iblis bisa memberi kekayaan tetapi ada yang harus dipersembahkan, kolega, keluarga bahkan terakhir dirinya sendiri. Dan masih banyak lagi lainnya.

Ketiga Yesus di ajak Iblis ke atas gunung yang tinggi dan diperlihatkan semua kerajaan dunia dan kemegahannya dan Yesus di suruh untuk menyembah Iblis. Dan jawaban Yesus adalah “ Ada tertulis, Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dialah, engkau harus berbakti “

Ingat Iblis dapat memberikan apa yang kamu inginkan, tetapi tidak ada yang gratis. Kekayaan, ketenaran dapat diberikan Iblis dan banyak orang masuk dalam jebakan ini. Saya pernah membaca banyak penyanyi mancanegara yang hidupnya dipersembahkan untuk Iblis untuk mengapai ketenaran, kekayaan, sanjungan, pujian dari manusia

Tuhan memberi apa yang engkau butuhkan menurut waktu-Nya, tetapi bukan yang engkau inginkan. Apa yang Tuhan berikan, Iblis bisa memberikan juga. Tetapi ada satu yang tidak bisa Iblis berikan kepadamu yaitu keselamatan. Tuhan memberikan keselamatan itu gratis, tetapi Iblis merampas keselamatan itu dengan dusta yang ditebarkannya.

Keselamatan hanya datangnya dari Yesus Kristus bukan yang lain. Andalkan Dia dalam hidupmu untuk menjalani pencobaan dan ujian dalam hidup ini. HIduplah bersekutu dengan Tuhan dalam doa, hiduplah dalam janji Tuhan melalui Firman-Nya. Lawan kebohongan Iblis dengan Firman-Nya.

 

Tuhan memberkati

Penulis : Chen-Chen


Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, Anda juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan mengirimkan kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapat Anda tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gereja Anda dengan mengirimkannya ke alamat email : [email protected] Sumber : Chen Chen

Sumber : Chen Chen

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer

Sarif Poltek 22 August 2019 - 21:37:34

Seorang nelayan berada di permukaan laut dengan p.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 4


7271

Banner Mitra Agustus Week 3