Waspada! Serangan Cyber Berkedok Wabah Mers Marak di Email

Entertainment / 17 June 2015

Waspada! Serangan Cyber Berkedok Wabah Mers Marak di Email

Lori Official Writer
2250
Dunia tengah resah dengan semakin merebaknya wabah Middle East Respiratory (MERS) hingga Korea Selatan. Di tengah kekhawatiran global ini pula para penjahat cyber mengambil kesempatan untuk menyerang pengguna internet. Demikian seperti hasil laporan Symantec yang menemukan adanya kampanye malware yang berupaya memanfaatkan isu penyakit Mers ini sebagai modus serangan.

Symantec meyakinkan bahwa malware ini dilakukan lewat email. Para penyerang menggunakan judul berita besar yang dapat memancing para pembaca untuk membuka lampiran atau link berbahaya. Seperti tema wabah MERS dalam bentuk dokumen Microsoft Word dan diberi judul ‘Daftar rumah sakit dan pasien terinfeksi MERS.docx.exe’. Ketika dibuka, dokumen ini akan menyebarkan virus jenis Trojan Swort yang akan menginfeksi komputer.

Namun Symantec memastikan serangan cyber ini bukanlah ancaman yang serius. Karena hal itu tak berbeda dengan serangan yang juga dilakukan sebelumnya, seperti Virus Ebola. Dengan temuan ini Symantec menyarankan agar para pengguna email tetap waspada apabila menemukan email dengan tema wabah MERS.  

Symantec pun memprediksi akan ada banyak serangan lain yang berkedok berita-berita serupa yang akan dikirimkan lewat email spam, phising dan spear-phishing. Jika ditemukan email-email yang mencurigakan, jangan buru-buru mengklik atau membuka lampiran, sebaliknya segeralah membuang email tersebut.

Sumber : Cnnindonesia/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami