Waspada Kejahatan Pada Anak

Parenting / 15 June 2015

Kalangan Sendiri

Waspada Kejahatan Pada Anak

Lusiana Official Writer
2282
<!--[endif]-->

Menurut survey yang dilakukan  oleh  Terre des Hommes, sebuah organisasi sosial dunia yang peduli terhadap anak, Indonesia termasuk dalam 10 besar negara dengan jumlah pelecehan terhadap anak secara online yang cukup tinggi. Survey ini semakin diperkuat dengan data yang dikeluarkan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bahwa sepanjang 2014, sebanyak 1.022 anak-anak di Indonesia menjadi korban kejahatan pornografi online.

Cukup menyedihkan memang saat mengetahui fakta-fakta diatas. Karenanya sebagai orang tua harus cermat agar anak-anak  tidak terjebak dalam kejahatan online. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendidik anak menggunakan internet agar tidak menjadi korban kejahatan online  menurut Elizabeth T. Santosa M.Psi dalam bukunya, Raising Children In DIgital Area.

 Hindari Survei Online.

Didik anak untuk menghindari pengisian tawaran kuesioner, survei, penawaran hadiah menarik,ataupun berbagai jenis kontes.

Gunakan Filtering Software.

Pasang perangkat lunak  pada computer atau laptop yang biasa digunakan anak-anak, yang dapat menyaring website, penggunaan aktivitas internet, topik yang sedang mereka telusuri dan berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk online.

InInternet Untuk Semua. 

Sebaiknya  laptop atau perangkat komputer diletakkan di ruang keluarga bukan di kamar, sehingga siapa saja terutama orang tua dapat ikut memantau penggunaan internet.

 Monitoring.

Pantau foto yang di-post oleh anak di internet dan media sosial. Anda harus memastikan  dalam gambar tersebut tidak terdeteksi lokasi dan waktu pengambilan foto.

 Waspada.

Ingatkan anak agar selalu berhati-hati kepada setiap orang yang tidak dikenali di dunia online dan tidak mengungkapkan informasi kepada orang-orang tersebut.

Selain beberapa langkah diatas, mempererat hubungan dengan meluangkan waktu bersama adalah salah satu cara membentengi anak-anak dari berbagai pengaruh negatif. Seperti yang disampaikan oleh Mark McClendon, “Jawaban untuk keadaan yang semakin mengarah kepada krisis adalah sedehana, yaitu kita harus memberikan waktu dan perhatian yang maksimal kepada anak-anak kita dan mengajar mereka sesuai dengan Firman Tuhan.”

Apakah Anda saat ini sebagai orang tua, kakak, atau hidup Anda dikelilingi oleh anak-anak? Mari lindungi mereka dari bahaya negatif penggunaan media dan internet. Caranya sangat mudah, Anda dapat mendukung pelayanan  melalui online media menyediakan konten-konten yang berdampak positif dan tayangan yang mengajak mereka mencintai Firman Tuhan seperti film animasi Superbook.

Info lebih lanjut, klik disini atau SMS ke 081.5965.5960 ketik JC # Nama Lengkap # Email. Sebuah wooden eksklusive box bagi pendaftar yang  donasi pertamanya telah kami terima.

Halaman :
1

Ikuti Kami