4 Tips Penting Mengajukan Kenaikan Gaji

Career / 15 June 2015

Kalangan Sendiri

4 Tips Penting Mengajukan Kenaikan Gaji

daniel.tanamal Official Writer
4230
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Dunia kerja adalah dunia yang tidak terlepas dari kesejahteraan para pekerjanya. Salah satu yang sering dipergunjungkan adalah masalah gaji. Adalah sebuah hal yang lumrah bila kita sebagai pekerja mengajukan kenaikan gaji. Namun dalam mengajukannya kita perlu sedikit persiapan yang vital agar proses komunikasi ini berjalan lancar dan nantinya tidak membuat anda sebagai peminta kenaikan gaji, menjadi rugi sendiri.

Berikut adalah 4 tips penting yang harus dilakukan dalam mengajukan kenaikan gaji.



1. Bukti Nyata

Hal pertama yang dapat Anda lakukan sebelum sukses melakukan negosiasi gaji adalah melakukan sesuatu yang dapat diukur sebagai kontribusi Anda kepada perusahaan agar dapat dijadikan bukti bahwa Anda patut menerima kenaikan gaji. "Misalnya, Anda meningkatkan target penjualan atau mengimplementasikan strategi baru guna meningkatkan pendapatan atau menurunkan beban perusahaan," ujar pakar keuangan Farnoosh Torabi.

2. Jangan Takut

Tentu saja, berbincang dengan atasan mengenai hal yang sangat penting terkadang terasa mendebarkan. Namun, ada baiknya Anda tetap tenang dan mengusir jauh-jauh rasa cemas ataupun takut, sebelum berbicara terkait kenaikan gaji Anda pada atasan. "Tanyakan pada diri Anda sendiri, apa yang sebenarnya Anda takuti. Tetaplah fokus pada pertanyaan 'mengapa'. Rancanglah pokok-pokok pembicaraan untuk membuktikan pada atasan bahwa Anda adalah aset berharga yang dimiliki perusahaan. Tidak ada yang dipecat karena meminta kenaikan gaji. Ketika meminta, paparkan beberapa fakta dan data untuk meyakinkan mengapa Anda layak mendapatkannya," jelas Elizabeth Lombardo PhD, seorang psikolog klinis.

3. Alasan Tepat

Saat berbicara pada atasan, perlu disadari bahwa Anda kemungkinan tidak akan langsung memperoleh jawaban. Lombardo mengungkapkan, tujuan perbicangan Anda adalah agar atasan langsung Anda dapat memperjuangkan kenaikan gaji. Oleh sebab itu, jangan lupa utarakan juga alasan mengapa Anda patut mendapatkannya. 


4. Bahasa Tubuh yang Meyakinkan

Ketika berbicara, pastikan bahasa tubuh Anda pun mendukung. Tampilkan bahasa tubuh yang meyakinkan dan bukan malah membuat Anda terlihat tidak layak memperoleh kenaikan gaji. Sebab, meskipun Anda menyatakan Anda layak mendapatkan kenaikan gaji, atasan bisa saja tidak mengabulkannya karena faktor bahasa tubuh yang tidak mendukung permintaan Anda tersebut. 

"Bila Anda mengatakan bahwa Anda pantas dinaikkan gajinya, bahu yang membungkuk dan suara yang menunjukkan rasa malu akan menampilkan pesan yang berbeda. Jadi, Anda harus duduk dengan tegak percaya diri, berbicara dengan lantang dan jelas, serta bawalah buku catatan kecil yang Anda pegang," saran Lombardo.



Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami