Senyuman, Aksi Sederhana dengan Dampak Maksimal
Sumber: Thinkstockphotos.com

Single / 4 June 2015

Kalangan Sendiri

Senyuman, Aksi Sederhana dengan Dampak Maksimal

Theresia Karo Karo Official Writer
5465
Senyum merupakan tindakan sederhana, untuk mengatasi kecanggungan saat bertemu orang asing, menampilkan kebahagiaan, hingga perasaan senang. Walaupun sederhana namun dampaknya sangat maksimal. Sebuah senyuman pasalnya dapat menghasilkan emosi positif.

Penelitian terbaru oleh University of California, Irvine di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa senyuman ternyata berdampak positif dalam hubungan asmara. Selain itu, studi yang dipublikasikan dalam Springer's Journal Motivation and Emotion ini juga membuktikan peran penting emosi positif dalam hubungan sosial.

Salah satu peneliti, Belinda Campos mengatakan, “penelitian yang kami lakukan memberikan bukti tentang pentingnya emosi positif dalam pengaturan sosial dan menyoroti peran emosi positif dalam pengembangan hubungan sosial baru.”

Melalui dua studi, para peneliti menguji peran emosi negatif dalam hubungan asmara. Pada percobaan pertama, 66 pasangan diuji dan dianalisa pengaruh emosi positif terhadap senyuman. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa, responden bisa merasakan dengan akurat energi positif yang terpancar saat melihat pasangannya tersenyum.

Selanjutnya pada penelitian kedua, para ahli mencoba melihat dampak energi positif dari senyuman dapat membantu seseorang menjadi lebih dekat dengan orang asing. Setelah diuji, terungkap bahwa individu lebih bisa merasakan emosi positif dari senyuman dibandingkan dengan emosi negative seperti kemarahan.

Percobaan kedua melihat bagaimana positif dapat membantu seseorang untuk lebih dekat dengan orang asing. Hasil penelitian menunjukkan, orang lebih bisa merasakan emosi positif seperti senyuman daripada emosi negatif seperti kemarahan.
 
Semua orang tentu tahu bagaimana cara tersenyum, namun belum tentu semua orang bisa mempraktekkannya dengan tulus. Ketahuilah bahwa senyuman merupakan salah satu anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada kita.

Tersenyum tidak hanya berdampak positif bagi diri sendiri, namun hal yang serupa juga dirasakan orang lain yang melihatnya. Ketika kita menikmati hidup dan bersukacita atasnya, hal ini bisa menular ke orang lain. Namun saat kita menahan sukacita yang dari Tuhan dan tidak memancarkannya keluar, hal ini sama saja dengan mengambil kesenangan dan pengalaman yang menyegarkan dari orang-orang di sekitar kita.

Mengekspresikan sukacita lewat senyuman tentu membawa hal-hal yang baik ke dalam hidup kita, sekaligus membagi sukacita Tuhan dengan orang lain. Jadi tunggu apa lagi? Tersenyumlah!

Sumber : Okezone/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami