Rumah Tanggaku Berantakan Karena Cemburu

Rumah Tanggaku Berantakan Karena Cemburu

Lori Official Writer
7500

Rico Sitompul adalah seorang pria pencemburu dan temperamental. Sikap itulah yang membuat dirinya berulang kali menghadapi masalah rumit dalam rumah tangga. Persoalan rumah tangga ini terjadi sejak awal pernikahannya dengan Arini.

Ketika anak pertamanya berusia 8 bulan, Arini  kembali memutuskan untuk bekerja. Namun, sebagai mantan pecandu narkoba, Rico dihantui dengan paranoid yang membuatnya menjadi pribadi yang begitu pencemburu. Kecurigaan terhadap Arini pun muncul dihati Rico kalau-kalau Arini memiliki selingkuhan di tempat kerjanya dan mengabaikan keluarga. Sehingga ia kerap kali meminta agar Arini berhenti bekerja.

Merasa ucapannya diabaikan, tanpa sepengetahuan sang istri, Rico meninggalkan rumah dan membawa anaknya Kelvin ke rumah orang tuanya. Hal ini dilakukannya sebagai ancaman bagi Arini untuk mau berhenti bekerja. “Saya kaget, saya terdiam. Saya nggak tau mesti berbuat  apa. Saya kessel juga tapi saya gengsi mau mengejar suami saya ke rumahnya karena hubungan saya dengan mertua saya belum baik,” tutur Arini.

Satu persoalan besar keluarga Rico sedang mendera. Namun demi keutuhan keluarga ini, Arini terus berjuang dan mematuhi setiap keinginan Rico, termasuk berhenti bekerja. Namun hal serupa kembali terjadi, ketika kecemburuan Rico terus memuncak saat dirinya mendengar ucapan tetangganya bahwa sang istri sering kali di antar pulang kerja. Persoalan kedua kembali terjadi, dan kali ini Arini merasa sudah tak lagi sanggup menghadapi sikap suami dan memutuskan untuk pergi dari rumah.

“Setelah saya memutuskan untuk menjauh dulu dari suami saya, suatu hari saya bertemu dengan teman-teman saya di reuni. Waktu saya pulang kata-kata dia untuk ‘bertahan’ itu terngiang-ngiang terus. Malam harinya saya berdoa, ‘Tuhan apa ia saya harus bertahan tapi rasanya saya nggak bisa bertahan. Tolong tunjukkan saya jalan Tuhan apa yang saya lakukan’”.

Pada saat konflik rumah tangganya yang berada di ujung tanduk, Rico pun sudah merasa tak lagi mampu berjuang untuk membawa Arini kembali ke rumah. Saat itu pula Rico mulai mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh. Dan saat bertemu dengan orang-orang yang terlebih dulu mengenal Tuhan, perlahan hati Rico merasa tersentuh. Di saat itu Tuhan mengubah pribadi temperamen itu.

Peristiwa yang dialami keduanya akhirnya memberi sebuah pengalaman berharga pada masing-masing pribadi, pengalaman untuk tidak egois dan mau memaafkan satu sama lain. Hingga suatu kali Rico pun memutuskan untuk bertemu dengan Arini dan kembali mengajaknya untuk pulang. Saat itulah Arini mulai berubah pikiran dan ucapan tentang ‘bertahan’ itu seakan memberinya jawaban akan apa yang hendak ia lakukan. Arini pun menemui Rico yang kala itu datang ke rumah adik Arini, tempat dimana Arini tinggal bersama kedua buah hatinya.

“Saat suami saya datang untuk minta maaf kepada saya, Cuma satu yang saya ingat. Isa Almasih pun sudah mengampuni saya. Dia sudah datang buat saya, menjadi Tuhan saya, mengampuni hidup saya, menerima saya apa adanya. Baik buruknya saya. Karena begitu besar pengampunan yang Tuhan sudah berikan kepada saya, itu memampukan saya untuk bisa mengampuni suami saya dan menerima dia kembali,” ucap Arini.

Senada dengan itu, Rico Situmpol pun mengakui bahwa pemulihan rumah tangganya adalah campur tangan dari Tuhan. Kehidupan yang sebelumnya berantakan, sikap temperamen dan kecemburuan yang merusak rumah tangganya kini sudah diubahkan. Bahkan Arini pun sungguh bersyukur karena kini ia memiliki suami yang seperti ia harapkan; bertanggung jawab, mengasihi keluarga dan tentunya mengasihi Tuhan. 

Sumber : Rico Sitompul
Halaman :
1

Ikuti Kami