Lada Hitam, Si Penawar Candu Merokok

Gizi & Nutrisi / 29 May 2015

Kalangan Sendiri

Lada Hitam, Si Penawar Candu Merokok

Lori Official Writer
6697
Katanya merokok memberi kenikmatan tersendiri bagi mereka yang menghirupnya. Entah alasan apa, tapi yang pasti rokok adalah salah satu sumber dari berbagai jenis penyakit mematikan.

Sebagian besar pecandu rokok mengaku betapa sulitnya melepaskan diri dari cengkraman rokok. Akan tetapi bukan mustahil bila para pecandu bisa sembuh secara total hanya dengan mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini.

Studi dari Panola College di Texas mengklaim bahwa minyak esens lada hitam bisa menjadi obat alami penawar kecanduan akan rokok. Barbara Cordell, Ph.D, penulis studi tersebut mengatakan, “Senyawa lada hitam yang disuling bisa mengaktifkan sistem saraf yang sama ketika seseorang mengonsumsi nikotin, dan memicu produksi endorfin yang bisa membuat relaks”.

Lada hitam dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang digunakan sebagai campuran bumbu dapur. Namun ternyata bumbu dengan aroma arsa yang kuat dan pedas ini memiliki sejuta khasiat, yaitu baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Tak heran bila lada hitam juga bisa menjadi obat penawar bagi pecandu rokok. Alasannya, karena rempah ini mengandung banyak antioksidan dan antibakteri. Aromanya yang kuat bahkan berguna untuk memberi rasa tenang. Maka dari itu, para peneliti mulai mengolah lada hitam menjadi ekstrak minyak esens.

Minyak esens lada hitam inilah yang digunakan dalam studi untuk mengukur fungsi lada hitam dalam mengatasi kecanduan rokok.

Dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine tahun 2013 ditemukan fakta ketika pecandu rokok menghirup aroma minyak lada hitam selama 2 menit, keinginan untuk merokok pun berkurang.

Beranjak dari hasil studi tersebut, para peneliti menyarankan agar mereka yang berjuang untuk melawan kecanduan rokok bisa menerapkan hal ini. Caranya, dengan menuangkan satu tetes minyak lada hitam ke atas kapas dan mencium aromanya setiap kali hasrat ingin merokok timbul.

Selain manfaat itu, lada hitam juga bisa digunakan sebagai obat untuk beragam macam penyakit seperti kanker, flu dan pilek, sakit jantung dan anorexia. Sementara itu, lada hitam juga bisa dijadikan sebagai pencerah kulit dengan memanfaatkannya sebagai scrub untuik memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke permukaan kulit serta mengganti sel-sel kulit mati.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami