Waspadai Bahaya Sering Alami Letih dan Lesu

Waspadai Bahaya Sering Alami Letih dan Lesu

Lori Official Writer
11795
<!-- endif]-->

Setiap orang tentu bisa terserang letih dan lesu setelah menjalani hari yang padat, sibuk dan berat. Akan tetapi menjadi tidak wajar bila hal itu sering terjadi meski hanya melakukan aktivitas yang ringan saja.

Bila Anda mengalami indikasi yang ditandai dengan kondisi tubuh yang lesu, mudah letih dan tak bergairah, bisa jadi hal itu disebabkan penyakit-penyakit ini mulai menggerogoti tubuh Anda :

1. Hipotiroid

Seperti dikutip dari Klikdokter.com, hipotiroid adalah kekurangan hormon tiroid di dalam tubuh. Karena hormon tiroid memiliki fungsi yang sangat vital dalam sistem metabolisme, maka kekurangan shormon ini akan menyebabkan metabolisme tubuh menurun, cepat lelah, nyeri otot, berat badan bertambah, kulit kering dan tak tahan dingin.

2. Anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya pasokan sel darah merah dalam tubuh. Gejalanya ditandai dengan kondisi lemas, mudah lelah, sulit konsentrasi, sakit kepala, pucat, pusing dan jantung berdebar.   Anemia paling banyak menyerang kaum hawa karena dipengaruhi oleh siklus menstruasi dan masa kehamilan yang dijalaninya.

3. Depresi

Tak terpikirkan sebelumnya bila letih dan lesu adalah salah satu tanda dari penyakit depresi. Rasa lelah yang berkepanjangan disertai dengan tenaga yang terkuras habis bisa jadi adalah gejala depresi.

Sementara gejala yang menyertainya adalah berupa perasaan sedih, putus asa, gangguan tidur hingga kecenderungan melukai diri sendiri. Langkah terbaik bagi Anda yang mengalami gejala ini adalah menghubungi psikolog, psikiater atau konselor.

4. Chronic Fatique Syndrome (CFS)

CFC adalah rasa lelah berlebihan yang mendera tubuh. Penyakit yang satu ini bahkan akan sangat sulit dipulihkan hanya dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri di bagian otot, lemas, gangguan memori dan kosentrasi serta menyebabkan insomnia.

5. Diabetes

Diabetes adalah gangguan dimana tubuh tidak dapat memproduksi atau secara efektif menggunakan insulin, yaitu hormon yang memproduksi sel-sel beta langerhans di pankreas. Insulin bertugas mengubah gula dalam darah menjadi glikogen (karbohidrat yang tersimpan dalam tubuh, red). Selain letih dan lesu, gejala lainnya ditandai dengan mudah haus, mudah lapar, sering buang air kecil serta berat badan menurun secara berangsur-angsur.

6. Apnea

Apnea atau gangguan tidur adalah kondisi dimana seseorang akan kehilangan tidur berkualitasnya karena napas berhenti sesaat saat tidur. Peristiwa itu bisa berlangsung selama 10-20 menit. Malam buruk itupun berdampak buruk pada kesehatan, seperti rasa kantuk sepanjang hari, sulit berkonsentrasi, sakit kepala di pagi hari, panas pada perut serta lemas dan letih. Apabila gejala ini terjadi dalam waktu lama, bisa jadi menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hipertensi, hingga kematian.

7. Ginjal

Anda yang mengalami gangguan ginjal akan sangat mudah merasa letih dan sering kali seperti kehabisan napas, terutama pada malam hari. Rasa letih ini disebabkan oleh anemia yang ditimbulkan dari kerusakan pada ginjal. Gejala lain yang menyertainya adalah turunnya berat badan, gatal-gatal, hilang nafsu makan, mual, muntah serta pembengkakan pada tangan dan kaki.

Lakukanlah terlebih dahulu konsultasi dokter untuk memastikan diagnosa penyakit yang Anda derita. Mungkin dengan melakukan tes urin dan GFR (Glomerular Filtratuon Rate atau laju filtrasi glomerular, yaitu uji tes kemampuan filtrasi ginjal).

Dari fakta-fakta di atas, Anda tentu menyadari bahwa letih dan lesu tak akan mampu diusir hanya dengan secangkir kopi atau istirahat yang cukup. Adalah baik bila Anda segera berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Hot Topics

  1. Tema Natal
  2. Advent
  3. Mengucap Syukur
  4. Kelahiran Yesus
  5. Ayat Alkitab

Related Articles

Ikuti Kami