Uskup Agung Ukraina Kecewa dengan Paus Fransiskus

Uskup Agung Ukraina Kecewa dengan Paus Fransiskus

Theresia Karo Karo Official Writer
3697
Konflik di wilayah timur Ukraina belum berakhir, namun Vatikan menunjukkan sikap lunak kepada Rusia. Kritikan ini diungkapkan oleh pemimpin Gereja Katolik Yunani di Ukraina. Uskup Agung Sviatoslav Shevchuk mengaku kecewa dengan sikap Paus Fransiskus yang dianggap tidak tegas.

“Ukraina berada dalam keadaan terguncang. Perang ini telah menyebabkan lebih dari 6 ribu orang tewas dan 1,5 juta orang mengungsi dengan seperempat dari mereka adalah anak-anak,” paparnya.

Meskipun begitu, Uskup Agung Sviatoslav mengaku paham dengan sikap Roma yang berusaha menjaga hubungan baik dengan Moskow. “Tapi kami juga tahu Kristus selalu di sisi mereka yang menderita. Dalam konflik ini, Ukraina yang menderita. Dan Tahta Suci, harus di pihak kami,” ungkapnya.

Dirinya prihatin dengan konflik yang masih berlangsung hingga saat ini, meskipun gencatan senjata resmi diberlakukan. Menurut Uskup Agung Sviatoslav, pemberontak yang didukung Rusia masih melakukan perlawanan terhadap pasukan pemerintah selama setahun belakangan.

Selama kepemimpinan dan agresi Soviet, Gereja Katolik Yunani di Ukraina juga mengklaim bahwa pihaknya berada dalam situasi tertindas. Disamping itu, hubungan Katolik dan Ortodoks di Ukraina juga tengah berada dalam kondisi terburuk. Setelah Patriarkat Moskow yang beraliran Ortodoks gagal mengkritisi agresi Rusia atas Ukraina.

Sumber : Tempo/Jawaban.com by tk

Ikuti Kami