Waspada, Ini Motif Penipuan di Kencan Online
Sumber: Blogspot.com

Entertainment / 23 May 2015

Kalangan Sendiri

Waspada, Ini Motif Penipuan di Kencan Online

Lori Official Writer
5525
Australia dan Amerika adalah negara yang tercatat telah mendapatkan pengaduan seputar penipuan lewat kencan online. Berdasarkan laporan dari Australian Competition and Consumer Commission (ACCC), terdapat ribuan aduan dari pengguna internet yang telah dirugikan atas aksi penipuan lewat kencan online.

Diketahui, sudah sekitar 2.497 orang yang melapor jika dirinya menjadi korban penipuan lewat situs pencarian jodoh tertentu, dengan kerugian mencapai USD 10 ribu per orang. Sementara total penipuan yang diakumulasikan telah mencapai USD 27.9 juta dalam kurun waktu satu tahun belakangan ini.  

Sedang data dari Amerika, melalui lembaga Internet Crime Complaint Center (IC3) yang mencatat bahwa rata-rata wanita berusia 40 tahun atau lebih tua menjadi korban penipuan kencan online ini. Total kerugiannya mencapai lebih dari USD 68 juta di tahun 2014.

Adapun motif yang dilakukan para penipuan lewat kencan online adalah dengan mendaftar terlebih dahulu dengan profil dan foto menarik. Setelah berkenalan dengan korban, pelaku mulai mencoba merayu dengan berbagai cara untuk meminta sejumlah uang. Biasanya pelaku akan meminta bantuan atau untuk memenuhi kebutuhan pokok hingga medis yang mendadak. Berbekal strategi itu, para korban akhirnya percaya dan terjerumus dalam tipu muslihat dari teman kencan mereka.

Tak hanya website resmi kencan online tertentu, tetapi para penipu juga sudah merambah hingga ke jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. So, tetap waspada dan pikirkan kembali jika hendak memutuskan untuk mendaftarkan diri dalam situs-situs kencan online.

Sumber : Merdeka.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami