Tips Dapur : 4 Cara Membedakan Beras Asli dan Plastik
Sumber: Liputan6.com

Entertainment / 21 May 2015

Kalangan Sendiri

Tips Dapur : 4 Cara Membedakan Beras Asli dan Plastik

Lori Official Writer
4069
Belakangan ini santer isu tentang maraknya perdagangan beras plastik di Bekasi. Hasil uji laboratorium pun membuktikan bahwa beras mengandung bahan sintesis yang biasanya digunakan untuk kebutuhan industri, seperti Benzyl Butyl Phtalate (BBT), Bis 2-ethylhexyl Phtalate (DEHP), dan Diisononyl Phtalate (DNIP).

Tentu hal tersebut semakin menambah kekhawatiran masyarakat dalam membeli jenis beras dipasaran. Nah, agar tidak salah pilih saat membeli beras, masyarakat bisa melakukan 4 cara ini untuk membedakan antara beras asli dan plastik :

1. Lihat Warnanya

Pada dasarnya, beras berkualitas baik bisa dilihat dari warnanya. Beras berkualitas tentu akan tampak berwarna putih alami dan tampak mengkilat serta memiliki guratan dari bekas sekam padi. Di ujung-ujung bulir beras juga terdapat warna putih, yang merupakan zat kapur yang mengandung karbohidrat. Sedang beras plastik, berwarna bening putih, tidak memiliki guratan dari bekas sekam dan tidak ada warna putih di ujung bulirnya.

2. Aroma Beras

Aroma beras juga bisa membedakan antara beras asli dan plastik. Beras yang baik tentu akan berbau tajam dan wangi. Sedang beras yang tidak berkualitas baik akan berbau apek.

3. Bentuk Beras

Beras yang baik akan tampak dari bentuk bulirnya yang sedikit menggembung dan kalau dipatahkan hanya terbelah menjadi dua. Sedang beras plastik jika di taruh di atas kertas akan terlihat tidak natural, berbentuk lengkung dan jika dipatahkan maka akan pecah menjadi beberapa bagian kecil.

4. Perubahan saat direndam

Beras berkualitas jika direndam dalam air maka warna air akan berubah menjadi putih dan beras akan lembek menjadi bubur. Sedang beras plastik direndam maka hasilnya tidak akan menyatu dan airnya tidak akan berubah menjadi putih. Ini terjadi karena beras plastik tidak mengandung zat kapur di ujung bulirnya.

Selain cara di atas, masyarakat juga perlu teliti dengan kemasan beras. Periksa terlebih dahulu apakah beras kemasan memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia) yang mutunya sudah dijamin.

Sumber : Detik.com/Kompas.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami