Theresia Karo Karo

Official Writer
7091


Kenaikan berat badan, insomnia, infertilitas, libido rendah, depresi, kelelahan hingga rambut rontok, merupakan sebagian masalah kesehatan yang timbul akibat hormon yang tidak seimbang. Walaupun hanya dalam skala rendah, namun ketidakseimbangan hormon ini menyebabkan dampak yang sangat buruk bagi tubuh.

Sedangkan saat hormon seimbang, banyak hal positif yang bisa didapatkan. Diantaranya, meningkatkan mood, kulit yang semakin bercahaya dan rambut yang indah. Untuk mendapatkan semua ini, kita tidak memerlukan obat. Karena enam cara alami ini bisa menyeimbangkan hormon.

1. Kurangi konsumsi kafein
Bagi sebagian orang, kafein sangat dibutuhkan pada jam genting untuk mencegah kantuk. Namun, konsumsi kafein berlebihan ternyata memicu kadar kortisol (sejenis hormon stres), menurunkan kadar hormon tiroid dan menyebabkan kekacauan di seluruh tubuh. Oleh sebab itu, bagi yang ingin menjaga keseimbangan hormon, kurangi asupan kafein. Hindari meminum kopi lebih dari dua cangkir dalam satu hari.

2. Stop Pil KB
Pil KB ternyata meningkatkan kadar estrogen yang memicu risiko kanker payudara, migrain, stroke, serangan jantung, hingga kenaikan berat badan. Untuk menghindari semua dampak ini, kita bisa mencoba KB alami. Yakni dengan menghitung masa tidak subur.

3. Batasi konsumsi produk kedelai
Konsumsi kacang yang sering diolah menjadi tempe, tahu, atau susu ini ternyata mengganggu kondisi hormon dalam tubuh. Misalnya, picu peradangan dan berbagai masalah hormonal lainnya. Bila ingin menyeimbangkan hormone, sebaiknya batasi konsumsi produk kedelai dari sekarang.

4. Cegah dehidrasi
Cairan tubuh yang terpenuhi dengan baik sangat berpengaruh dalam proses metabolisme tubuh. Jangan hanya perbanyak minum, namun diimbangi dengan konsumsi buah dan sayuran segar.

5. Peran wortel
Tidak hanya bisa menjernihkan mata. Mengkonsumsi mentah sayuran berwarna cerah ini ternyata berperan penting dalam detoks estrogen yang berlebihan dari tubuh.

6. Istirahat yang cukup
Sesibuk apapun kita, beri kesempatan untuk tubuh beristirahat. Selain makanan, istriahat yang cukup selama 7-8 jam saat malam akan sangat membantu pengontrolan kadar kortisol. Ini pula yang nantinya akan membantu menyeimbangkan hormon.

Enam cara ini tidak sulit bukan? Kita bahkan bisa langsung memulainya hari ini. Rasakan manfaat supernya. Sebab hormon yang seimbang secara tidak langsung mendukung hubungan anda dan pasangan.

Sumber : Merdeka/Jawaban.com by tk


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3