Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
7214


Buku Bob Sjogren dan Gerald Robinson, Teologi Kucing dan Anjing, ditulis sebagai gambaran tentang hubungan manusia dengan Tuhan. Buku ini menganalogikan sikap manusia terhadap Tuhan dengan karakter Kucing dan Anjing kepada tuannya.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita bisa melihat perbedaan antara Kucing dan Anjing. Kucing adalah hewan peliharaan yang terkesan ‘Manja’, sedang Anjing merupakan hewan yang ‘Setia’ kepada tuannya. Salah satu perbedaannya bisa diketahui dari perbedaan sikap keduanya.

Jika Anjing berkata, “Kau memberiku makan. Kau memberiku tempat tinggal. Kau mengelusku. Kau mengasihiku. Kau pasti….Tuanku!”. Sedangkan Kucing berkata, “Kau memberiku makan. Kau memberiku tempat tinggal. Kau mengelusku. Kau mengasihiku. Kau pasti….pelayanku!”.

Inilah gambaran kekristenan saat ini. Dalam kehidupan orang percaya, tipe Anjing dan Kucing sama-sama beraktifitas ‘rohani’, seperti berdoa, beribadah, saat teduh. Tetapi keduanya memiliki motivasi yang berbeda. Tak sedikit orang Kristen seperti Kucing yang hanya ingin dilayani. Kristen tipe Kucing berharap ingin masuk surga tetapi menghindari neraka, untuk kenyamanannya dan hanya menjadikan Yesus sebagai jaminan asuransi masuk surga saja. Sedangkan Anjing akan bersedia menjual segalanya demi harapan untuk bisa masuk surga. Dalam kata lain, benar-benar menjadi pengikut Tuhan yang taat dan setia.

Buku ini  juga mengupas tentang perbedaan sikap dan karakter Kucing dan Anjing dari beberapa sisi kehidupan Kristen. Mulai dari cara berdoa, menyembah, meminta, dan sebagainya. Penulis menyampaikan tentang perbedaan mencolok antara keduanya yakni dari sikap hatinya. Jika Kucing berkata ‘segala sesuatu tentang saya’, maka Anjing berkata ‘segala sesuatu tentang Allah’.

Buku ini menekankan bahwa kita kadang kala seperti Kucing, yang masih memiliki pola pemikiran keliru tentang mengikut Tuhan. Padahal, Tuhan menginginkan kita untuk memiliki kepribadian seperti Anjing, yang memandang dengan kacamata Tuhan. Kristen tipe Anjing hidup untuk memuliakan dan menyembah Tuhan, menyerahkan diri dituntun dan dibentuk oleh Tuan-nya, sadar bahwa hidup bersama Tuannya dalam suka dan duka, susah dan senang, kaya dan miskin.

Buku ini baik untuk pertumbuhan pola pikir Anda tentang kehidupan Kristen yang berkenan kepada Tuhan.

 

Info Buku

Judul : Teologi Kucing dan Anjing

Penulis : Bob Sjogren & Gerald Robinson

Penerbit : Unveilin GLORY Indonesia

Terbit : 2003

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sandry Muskitta 23 January 2020 - 23:19:37

Baru sama sekali

0 Answer

Sandry Muskitta 23 January 2020 - 23:17:44

Baru sama sekali

0 Answer

ivana rambu 23 January 2020 - 21:08:09

Orang yang bisa melihat petunjuk tuhan

0 Answer


[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

Banner mitra januari 4


7269

Banner solusi talks