Diet Mediterania yang Untungkan Kesehatan

Diet Mediterania yang Untungkan Kesehatan

Lori Official Writer
2928
Diet mediterania merupakan pola diet yang menganjurkan untuk mengkonsumsi banyak sayur-sayuran, buah-buahan, beberapa jenis seafood dan sedikit mengkonsumsi daging dan produk olahan susu. Selain bisa menurunkan berat badan, diet pola ini ditemukan memiliki keuntungan lain yang jauh lebih besar.

Berikut dua keuntungan dari diet Mediterania bagi kesehatan :

Tingkatkan kemampuan otak

Hasil penelitian menemukan, diet Mediterania yang didominasi dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dan minyak zaitun ternyata bermanfaat untuk meminimalisir penurunan kognitif. Penelitian ini dilakukan selama empat tahun kepada dua kelompok yang menjalani pola diet Mediterania dan diet rendah lemak. Setelah diteliti, hasilnya ditemukan bahwa mereka yang menjalani diet Mediterania mengalami peningkatan fungsi kognitif. Sedang pada kelompok yang menjalani diet rendah lemak, kemampuan fungsi kognitif terlihat menurun.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa dalam populasi yang lebih tua, diet Mediterania yang dilengkapi dengan asupan kacang-kacangan dan minyak zaitun murni bisa melawan penurunan fungsi kognitif yang berkaitan dengan usia,” demikian hasil studi yang ditulis di Jurnal JAMA Internal Medicine.

Kurangi stress dan depresi

Manfaat lain dari diet ini juga ampuh untuk mencegah penyakit jantung hingga membuat hidup lebih bahagia. Baru-baru ini, para peneliti dari University of South Australia menemukan bahwa pola diet asal Mediterania ini bermanfaat kurangi stress dan meningkatkan kualitas hidup dibanding  tidak menerapkan pola diet ini.

Hal ini disebabkan oleh kandungan omega-3, yakni asam lemak yang tedapat dalam ikan yang juga menjadi salah satu menu dalam diet mediterania. Selain itu, kandungan seperti lemak sehat dan antioksidan dalam sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan dan minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan menjaga kesehatan mental.

Sumber : Liputan6.com/Tribunnews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami