7 Cara Ajarkan Keintiman Pada Anak (P2)
Sumber: Shutterstock

Parenting / 15 May 2015

Kalangan Sendiri

7 Cara Ajarkan Keintiman Pada Anak (P2)

Theresia Karo Karo Official Writer
2797
Apabila anda ingin sukses mengajarkan nilai-nilai keintiman yang sehat dalam sebuah hubungan pada anak-anak anda, termasuk untuk bekal hubungan yang akan mereka jalani di masa depan, maka anda harus menjadi teladan yang baik bagi mereka, pertama dengan pasangan anda, kemudian dengan mereka.

Melanjutkan artikel sebelumnya, 7 Cara Ajarkan Keintiman Pada Anak (P1), inilah tiga diantaranya:

Ijinkan anak anda marah kepada anda
Ajarkan kepada mereka bagaimana mengungkapkan rasa marah mereka dalam cara yang dapat diterima yang tidak merugikan anda atau yang lain. Berilah teladan dalam ekspresi marah yang sehat yang tidak mengikutsertakan kekerasan fisik atau dramatisasi emosional.

Dengarkan
Saat anak anda merasa sedih, kesepian, atau ketakutan, jangan menyuruh mereka untuk segera keluar dari situ atau mengatasi masalah itu untuk mereka. Sama seperti anda, terkadang mereka hanya butuh tiga hal ini, yakni didengar, didengar, dan didengar.

Demonstrasikan
Demonstrasikan kemampuan anda untuk mengatasi suatu permasalahan kepada anak-anak anda. Bantu mereka untuk menemukan apa akar permasalahan yang sebenarnya. Tunjukkan pada mereka beberapa alternatif solusi dan ajar mereka melalui proses yang dibutuhkan untuk membuat sebuah keputusan.

Ijinkan mereka mengalami kegagalan dalam pembuatan keputusan selama kegagalan itu tidak mengakibatkan konsekuensi yang permanen. Ini akan mengajarkan pada mereka bagaimana cara mereka memandang suatu kegagalan, belajar dari kegagalan, dan bagaimana untuk bangkit kembali serta membuat keputusan yang lebih baik.

Saat anda mengajarkan anak-anak anda untuk bersikap jujur dengan memberi teladan bersama pasangan anda dan juga bersama mereka, bagaimana mengambil resiko untuk berbagi perasaan mereka dengan yang lain, mereka akan belajar tentang jenis keintiman emosional yang penting untuk hubungan dewasa yang sehat bagi mereka di masa mendatang

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami