Cetak Foto dan Data Dari Smartphone, Bisakah?
Sumber: Thestar.com.my

Entertainment / 9 May 2015

Kalangan Sendiri

Cetak Foto dan Data Dari Smartphone, Bisakah?

Lori Official Writer
5186
Sibuk dengan persiapan presentasi bisnis dan menyusun laporan di komputer mungkin sudah sedikit konvensional bagi Anda. Menggunakan smartphone pun jadi pilihan yang lebih simpel dan nyaman. Namun pertanyaannya, apakah Anda berencana untuk mencetak sejenis dokumen, laporan atau foto-foto Anda? Apa bisa menggunakan smartphone untuk langsung mencetaknya?  

Teknologi sudah semakin canggih, dan kehadiran smartphone telah mempermudah aktivitas manusia. Begitu pula dengan kebutuhan untuk pencetakan foto atau dokumen langsung dari smartphone. Hanya butuh menggunakan aplikasi saja maka semua urusan Anda beres seketika waktu. Berikut cara yang bisa Anda terapkan :

1. Menyambung smartphone ke jaringan WiFi

Perhatikan jaringan data pada printer dilengkapi dengan LAN atau jaringan sederhana yang memakai kabel yang butuh jaringan Wi-Fi. Mencetak dengan sistem Wi-Fi  dapat dilakukan oleh semua smartphone atau tablet. Bila smartphone atau tablet Anda tidak memiliki pengaturan ini, Anda dapat mengundah aplikasi untuk dapat mencetaknya secara langsung.

Aktifkan smartphone berfitur Wi-Fi untuk mengaktifkan printer dan opsi pengaturan mencetak dari smartphone atau tablet. Anda tetap saja butuh printer untuk mencetaknya dan printer ini harus memiliki aplikasi untuk dapat disambungkan dengan koneksi Wi-Fi. Lalu sambungkan smartphone atau tablet ke printer berkoneksi Wi-Fi untuk dapat langsung mencetak data.

2. Mendowload Aplikasi

Bagi Smartphone yang tidak memiliki printer berfitur Wi-Fi, bisa terlebih dahulu mendownload aplikasi tambahan agar bisa disambungkan ke printer jenis Epson, HP dan Brother. Untuk iOS, aplikasi Apple AirPrint pada Apple Store bisa didownload. Sedang untuk Google Cloud Print, data dapat dicetak dari akun Gmail atau Google Docs.

3. Mengeluarkan biaya tambahan

Tak perlu biaya tambahan bila smartphone Anda adalah keluaran terbaru.  Tetapi hal ini tak berlaku bagi smartphone keluaran lama yang masih belum dilengkapi dengan aplikasi print langsung. Jadi, untuk lebih memudahkan pekerjaan Anda, cobalah untuk sedikit merelakan biaya untuk membeli aplikasi tambahan tersebut karena tak semua aplikasi yang tersedia bisa didownload secara gratis.  

Sumber : Liputan6.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami