Endorsement Sebagai Teknik Promosi Efektif

Endorsement Sebagai Teknik Promosi Efektif

Theresia Karo Karo Official Writer
6591
Bisnis online masih menjadi primadona di Indonesia. Peluang usaha ini banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Sehingga berbagai kreativitas dituangkan untuk bisa meningkatkan penjualan. Salah satu teknik promosi yang dianggap efektif selama dua tahun belakangan adalah endorsement.

Endorsement dipahami sebagai rekomendasi. Para wirausahawan biasanya melakukan upaya endorse dengan memberikan barang dagangan gratis kepada public figure, seperti artis, penyanyi, tokoh masyarakat, dan lain sebagainya.

Melalui tawaran endorsement, public figure diharapkan untuk mengunggah foto produk tersebut dalam akun media sosial miliknya, seperti Instagram atau Twitter. Sehingga follower-nya bisa mengenal online store yang menjual produk tersebut dan meningkatkan penjualan.

Berikut empat cara agar strategi endorsement berjalan efektif dan meningkatkan brand awareness di kalangan netizen:

Selektif memilih public figure
Agar awareness terhadap produk tercapai, pelaku usaha harus jeli dalam memilih image figur yang sesuai dengan barang dagangannya. Disamping itu, perhatikan pula profil follower-nya. Apakah sesuai dengan target market produk anda atau tidak? Apabila sistem endorsement hanya sekedar foto dengan produk, dikhawatirkan strategi ini kurang berpengaruh dalam promosi.

Personal Branding
Untuk ini, sistem endorsement dilakukan dengan konsep kerja sama. Sehingga dana yang dibutuhkan terbilang besar dan membutuhkan kontrak secara profesional. Bila memang dana terbatas, pemilik usaha dapat berperan sebagai tokoh yang mempromosikan produknya sendiri.

Untuk personal branding, para pemilik usaha harus mampu menjadi interaksi dengan audiens, baik itu dalam dunia maya atau dunia nyata. Untuk menarik audiens, pemilik suaha harus memiliki konsep yang jelas dan memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu caranya adalah dengan rajin memberikan informasi bermanfaat sehubungan dengan produk.

Membangun jaringan
Dengan bergabung dalam komunitas wirausaha, para pelaku bisnis bisa memanfaatkan jaringan yang dimilikinya. Salah satu konsep yang berkembang dalam dunia online shop adalah strategi shoutout for shoutout (SFS). Strategi ini memanfaatkan sistem barter promosi. Dimana anggota jaringan online shop saling bekerja sama untuk mempromosikan produk-produknya satu sama lain.

Konsumen
Yakni dengan memanfaatkan loyalitas konsumen. Misalnya, dengan memberikan promo khusus bila konsumen turut mempromosikan produk anda. Promosi ini hampir mirip pemasaran word of mouth dengan memanfaatkan media online.

Untuk ini, para pelaku bisnis harus menjamin kualitas barang dagangannya. Sehingga, orang tidak merekomendasikan barang hanya karena menginginkan potongan harga, melainkan karena mereka memang menyukai produk tersebut.

Sumber : Bisnis/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami