Tak Selamanya Stres Kerja Itu Buruk!

Tak Selamanya Stres Kerja Itu Buruk!

Lori Official Writer
3495
Bekerja tak akan terlepas dari tekanan yang silih berganti dan kadang kala membuat Anda stres. Anda pasti akan menghadapi banyak hal yang sangat menguras energi dan pikiran sepanjang hari. Namun jangan pernah anggap bahwa pekerjaan sebagai neraka atau beban.

Pasalnya, Anda akan bersyukur menjalani masa-masa penuh stres karena ternyata ada manfaatnya loh bagi kesehatan. Seperti dilansir dari Health.com, pekerjaan berat dan sering membuat stres bisa jadi menjadi pekerjaan yang justru menguatkan kemampuan otak yang lebih baik hingga beanjak memasuki masa tua, dimana banyak orang justru kehilangan kemampuan otak akibat beragam penyakit ingatan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Jurnal Neurology dari Universitas Jerman Leipzig, peneliti melakukan tes kepada 1.054 responden berusia rata-rata di atas 75 tahun. Tujuannya, untuk mengukur seberapa kuat memori dan kemampuan berpikir seseorang serta dikaitkan dengan latar belakang pekerjaan mereka sebelumnya.

Hasilnya, mereka yang berasal dari latar belakang pekerjaan yang melibatkan aktivitas tinggi pada otak seperti menganalisis data, menghitung angka, mengembangkan strategi, memecahkan masalah dan menafsirkan informasi cenderung memiliki kemampuan otak atau kognitif yang lebih kuat.

“Studi kami penting karena menunjukkan bahwa jenis pekerjaan yang Anda lakukan sepanjang karir yang mungkin akan sangat berkaitan dengan kesehatan otak Anda dibanding tingkat pendidikan yang Anda tempuh,” tulis peneliti Francisca S.

Hal itu mungkin disebabkan oleh banyaknya tantangan yang harus dihadapi otak sepanjang berlangsungnya masalah dalam pekerjaan. Inilah yang melatih otak menjadi lebih berkembang. Jadi bekerja di bawah tekanan bukan suatu hal yang sangat buruk dalam karir Anda. Sebab mereka yang mampu melaluinya cenderung adalah orang-orang yang memiliki kemampuan otak yang lebih baik.

Namun ketika Anda seolah tak lagi samggup menghadapi stress yang begitu menekan Anda, ingatlah untuk rileks sejenak waktu dengan olahraga pernapasan; menenangkan diri lalu menarik nafas dalam-dalam. Atau melakukan cara lain, seperti mengambil waktu sejenak tertawa dengan rekan kerja lainnya, mendengarkan musik atau bermain game di sela-sela jam istirahat kerja. Dan jangan lupa, serahkan segala beban pekerjaan Anda kepada Tuhan sebab Dia mampu menguatkan Anda dalam segala persoalan.

Sumber : Health.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami