Jokowi Bakal Cabut Izin RS Bila Tolak Hal Ini…

Jokowi Bakal Cabut Izin RS Bila Tolak Hal Ini…

Lori Official Writer
4483
<!-- endif]-->

Program unggulan ‘Kartu Sakti’ sudah mulai dijalankan di sejumlah provinsi. Untuk menjamin program ini berjalan lancar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghimbau rumah sakit Swasta bisa bekerja sama dengan baik.

Presiden Jokowi menegaskan akan mencabut izin rumah sakit (RS) yang menolak kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan tidak memberikan layanan kepada pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Rumah Sakit pemerintah sudah semua bekerja sama dengan KIS dan BPJS, kalau swasta memang belum semua. Tapi nanti kita paksa untuk bisa menerima (pasien KIS dan BPJS),” tutur Presiden Jokowi saat ikut membagikan Kartu Sakti di Balai Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman pada Senin (4/5).

Meski begitu, Jokowi berpesan agar masyarakat menggunakan tiga kartu itu dengan benar. “KIS, misalnya, jangan langsung digunakan di rumah sakit, masyarakat mengecek kesehatan dulu ke puskemas,” terangnya.

Jokowi menghimbau agar sakit ringan yang dialami masyarakat bisa dirujuk ke puskesmas untuk menghindari membludaknya jumlah pasien di rumah sakit. “Kalau pasien di rumah sakit membludak, kasihan yang punya penyakit berat”.

Jokowi juga tak lupa mengingatkan  pemegang Kartu Sakti untuk segera melapor kepada pemerintah bila pelayanan rumah sakit tidak sesuai dengan yang ditentukan. Bila hal demikian terjadi, Menteri Kesehatan akan segera bertindak. Ia juga meminta pemerintah daerah untuk memberikan tindakan tegas bagi rumah sakit yang tidak memberikan pelayanan kepada pasien KIS dan BPJS.        

Mari dukung program Kartu Sakti dapat berjalan lancar dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, mulai dari pelayanan kesehatan serta pendidikan.

Sumber : Merdeka.com/Tribunnews.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami