4 Tanda Wanita Masuki Masa Menopause

4 Tanda Wanita Masuki Masa Menopause

Theresia Karo Karo Official Writer
3031
Tubuh memang tidak akan muda selamanya. Seiring bertambahnya usia akan terjadi banyak perubahan dalam tubuh manusia. Mulai dari munculnya keriput, rambut yang memutih, hingga penurunan beberapa fungsi organ tubuh.

Khusus wanita, terdapat perubahan lain yang terjadi saat memasuki usia lanjut. Yang dikenal dengan masa menopause, dimana wanita mengakhiri siklus menstruasinya. Berikut empat tanda wanita masuki masa menopause:

Siklus menstruasi yang tidak teratur
‘Tamu bulanan’ yang datang tidak teratur bisa menjadi gejala awal dari menopause. Perubahan hormon dalam tubuh menyebabkan menstruasi lebih singkat atau bahkan lebih lama dari biasanya. Hal ini sering dialami oleh wanita berusia 40 tahun ke atas,

Cairan tubuh berlebihan
Tanda pre-menopause juga muncul dengan tubuh yang semakin sering berkeringat. Penyebabnya hampir serupa, yakni perubahan hormon yang mempengaruhi produksi keringat dan pengolahan panas dalam tubuh.
Untuk mengatasinya sebaiknya hindari kegiatan yang menyebabkan keluarnya keringat, seperti konsumsi makanan pedas, konsumsi alkohol, dan kopi secara berlebihan. Selain itu, gejala ini juga diikuti dengan munculnya gangguan tidur seperti insomnia dan apnea.

Perubahan mood
Tanda lainnya adalah perubahan mood yang cepat. Wanita yang memasuki masa menopause biasanya gampang marah, sedih, dan gembira dalam waktu berdekatan. Yang harus diwaspadai adalah munculnya perasaan cemas berlebihan. Bila tidak ditanggapi dengan benar, hal ini bisa menimbulkan depresi. Untuk mengatasinya, sebaiknya mulai berolah raga secara rutin, atur asupan makanan, dan awasi kadar gula darah.

Infeksi saluran urin
Gangguan ini perlu diatasi dengan benar, karena dapat membahayakan kesehatan tubuh. Efek samping lain dari gangguan ini adalah munculnya rasa kering pada organ intim wanita. Untuk menyiasati tanda pre menopause ini, adalah dengan tidak langsung buang air kecil usai melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Sumber : Viva/Jawaban.com by tk

Ikuti Kami