Karyawan Tewas Dalam Gempa Nepal, Google Berduka
Sumber: News.com.au

Entertainment / 28 April 2015

Kalangan Sendiri

Karyawan Tewas Dalam Gempa Nepal, Google Berduka

Lori Official Writer
3805
Getaran gempa Nepal yang berkekuatan 7.9 skala richter turut melanda puncak tertinggi dunia, gunung Everest, Sabtu (25/4). Tak pernah terbayangkan bila empat karyawan Google bahkan berada di tengah situasi menegangkan itu.

Sayangnya, satu diantaranya tewas akibat cedera parah di bagian kepala, yang tak lain adalah Manajer Proyek di laboratorium ‘rahasia’ Google X, Dan Fredinburg. Sedang tiga lainnya berhasil selamat.

Sesaat setelah mendapat berita itu, pihak perusahaan besutan Larry Page ini pun mengucapkan duka mendalam kepada keluarga Dan. “Sungguh menyedihkan, kami baru saja kehilangan seseorang dalam tragedi ini (Gempa Nepal). Dan Fredinburg adalah pegawai senior Google, ia berada di sana bersama tiga karyawan lain sedang mendaki gunung Everest. Tiga lainnya selamat dan kami akan memulangkan mereka secepatnya,” demikian disampaikan [igak Google secara resmi, seperti dikutip Huffingtonpost.com, Senin (27/4).    

Senada dengan itu, Jagged Globe, perusahaan yang mengatur perjalanan pendaki Himalaya turut membenarkan kabar tersebut. Secara reski mereka juga menyampaikan ungkapan duka yang mendalam. “Hati dan doa kami untuk keluarga Dan. Seluruh rekan berdoa untuk semua korban dari tragedi terbesar yang melanda Himalaya,” edmikian disampaikan pihak Jagged Globe.

Seperti diketahui, Dan Fredinburg, pria lulusan Universitas California itu telah bekerja selama 8 tahun di Google. Selain sebagai ahli teknologi, Dan adalah seorang pendaki profesional. Dia pernah memimpin sejumlah pendakian ke sekitar Everest untuk mengumpulkan gambar untuk fitur ‘Street View’ di layanan Google Maps. Jiwa petualangannya tergambar lewat pernyataan yang dilontarkan Dan beberapa waktu lalu. “Saya ingin semua orang berpikir seperti Google dan memiliki hati seorang petualang,” tulis Dan Fredinburg di Instagram, mengacu pada proyek laboratorium khusus Google yang berfokus pada proyek-proyek ambisius seperti mobil self-driving.

Selain ke puncak Everest, Dan juga mengaku beruntung menjalani pengalaman ekstrim memimpin tim ekspedisi Google untuk mengumpulkan pencitraan dan navigasi satelit untuk Google Maps ke beberapa puncak tertinggi, seperti Gunung Kilimanjaro, Gunung Elbrus, dan Aconcagua.

“Sebagian besar dari kita memiliki daftar yang panjang dari semua tempat yang ingin kita kunjungi dalam hidup kita. Jika Anda seperti saya, daftar ini cukup panjang, jujur ??sangat beruntung untuk mendapatkan kesempatan mengunjungi beberapa tempat di antaranya. Google Maps memiliki daftar yang panjang juga, dan hari ini kami sedang memeriksa salah satu lokasi favorit kami,” tulis Dan Fredinburg di blog Google ketika perusahaan membukukan citra tiga dimensi di Google Maps.

Dan Fredinburg kembali ke Gunung Everest tahun ini setelah perjalanan pendakiannya April lalu dibatalkan, menyusul longsor yang menewaskan 16 staf Google di Nepal. Saat kembali ke sana, Dan  sempat menulis di Instagram tentang ketegangan yang dirasakan antara pemandu gunung lokal, yang memprotes perlakuan buruk dari pemerintah Nepal. Sayangnya, Google harus kehilangan pria petualang ini untuk selamanya.

Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami