Ya, Saya Bersedia Selamanya!
Sumber: Google

Marriage / 26 April 2015

Kalangan Sendiri

Ya, Saya Bersedia Selamanya!

Theresia Karo Karo Official Writer
3465
Besok, sepasang suami istri akan merayakan ulang tahun pernikahan ke-30. Mungkin sebagian dari kita bertanya, "apa rahasianya?" Komitmen dalam pernikahan bukan sekedar janji yang diucapkan di depan keluarga atau Pendeta, namun ini adalah janji kita kepada Tuhan untuk menjadi teman hidup yang 'tumbuh bersama', saling mencintai, dan berhasil menghadapi 'ujian' kehidupan bersama. Menjalankan komitmen "saya bersedia selamanya" memang tidak mudah, namun hal ini bukannya mustahil.

Berikut tips-tips penting bagi pasangan muda untuk bisa bertahan dalam pernikahan selama lebih dari 30 tahun alias selama-lamanya. 

Cintai pasangan anda apa adanya
Jangan terapkan standar yang ketinggian untuk pasangan anda. Jangan terlalu banyak menonton film-film barat sehingga pasangan anda akhirnya harus berdandan atau berpolah seperti mereka. Terapkan "I love you just the way you are".

Pilih jenis cinta ini!
Hati-hati karena "cinta romantis" hanya bertahan sekitar 3 bulan saja. Kalau anda hanya mengandalkan "getaran kimia" dengan pasangan, maka skala 10 yang tercipta pada awal-awal membangun hubungan akan menurun menjadi skala 5 dalam waktu 90 hari saja. Dalam 6 bulan, masa jatuh cinta sampai sulit tidur atau sulit makan itu akan menurun skalanya hingga mencapai 2,5. Sehingga banyak sekali kisah cinta di luar sana yang makin lama makin hambar dan akhirnya 'bubar jalan'. Kabar baiknya ialah ada satu jenis hubungan cinta yang didasarkan pada kasih yang murni dan komitmen, yang bisa bertahan sampai selama-lamanya. Oleh sebab itu pilih jenis cinta ini!

Menyelesaikan masalah tanpa masalah
Ketahuilah bahwa biaya untuk mengurus perceraian jauh lebih mahal daripada untuk mengurus konseling pernikahan. Karena itu, jika ada masalah dalam rumah tangga, pikirkan cara untuk menyelesaikannya, bukan untuk mengakhiri pernikahan itu sendiri.

Setara
Perlakukan satu sama lain dengan seimbang dan rata baik secara mental, sosial, dan spiritual. Setiap pasangan wajib untuk selalu memperlakukan teman hidupnya dengan baik dan terhormat. 

Temukan dan nikmati hobi bersama 
Pasangan yang memiliki minimal satu saja hobi yang sama akan makin dieratkan oleh hobi yang sama itu. 

Tidak mengekang
Beri satu sama lain "ruangan' untuk mengejar mimpi masing-masing. Pasangan anda tentu akan sangat senang ketika anda memberinya 'ruang' dan dukungan untuk mengejar mimpinya, begitu pula sebaliknya.

Peran yang berimbang
Buang kepercayaan bahwa ayah itu kerja kantoran sedangkan ibu kerja rumahan. Usahakan kedua-duanya punya peran yang berimbang di rumah. Kalau bisa, jangan hanya istri yang memotong bawang di dapur serta mencuci piring. Suami juga harus melakukannya. Ini bukan hanya baik bagi pasangan itu saja, tapi juga baik bagi anak-anak nantinya.

Paling penting
Yang paling penting dalam hubungan ialah bahwa sebuah pasangan harus menyatu dalam iman yang kuat. Pasangan yang sama-sama memiliki kasih Tuhan yang kuat akan semakin kuat pula dalam membina hubungan selama bertahun-tahun. Praktikkan hal ini dan anda akan melihat buktinya!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami