Kunci Utama Menghadapi Kenakalan Remaja

Kunci Utama Menghadapi Kenakalan Remaja

Theresia Karo Karo Official Writer
4581
Masa remaja sering juga disebut sebagai masa transisi. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang dialami remaja secara berkesinambungan. Tidak hanya menyangkut perubahan fisik, namun termasuk perubahan psikologis. Disamping itu, sambil mencari jati diri, remaja biasanya mulai terlibat dalam pertemanan sebaya yang terjalin sangat kuat.

Bila orang tua tidak mengontrol pergaulan anak, bukan tidak mungkin mereka akan terbawa arus yang melawan nilai-nilai dalam masyarakat. Merawat anak usia remaja memang bukan perkara mudah. Karena munculnya sifat pembangkang yang dipicu dari adrenalin dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Sebuah studi oleh University of Toronto dan Bowling Green State University mengungkapkan bahwa, terdapat ‘kunci utama’ dalam merawat anak di usia remaja. Hal ini pula yang akan membantu anak remaja mendapat nilai yang baik, terhindar dari bahaya pergaulan bebas, dan kenakalan remaja lainnya.

Penelitian yang dilakukan dari tahun 1997-2002 ini mengambil data sample dari anak-anak dan remaja di beberapa negara. Hasilnya ditemukan bahwa orang tua perlu menghabiskan waktu paling sedikit selama enam jam/minggu bersama anak remajanya. Apakah anak akan sibuk menonton televisi atau asik dengan gadget selama waktu keluarga, hal ini ternyata tidak berpengaruh. Sebab yang paling penting adalah kehadiran dan kebersamaan orang tua dan anak remaja.

Masih dari penelitian yang sama, terungkap bahwa ketika orang tua menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak sebelum menginjak usia 12 tahun, dalam diri mereka akan semakin kuat tertanam pengaruh-pengaruh baik dan hal ini bertahan hingga dewasa.

Tidak hanya itu, studi ini kemudian juga menyimpulkan bahwa ibu yang bekerja atau meniti karir tidak akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Namun yang perlu diingat bahwa adalah bahwa anak tidak kehilangan waktu kebersamaan seperti yang dianjurkan di atas.
 
Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami