Jokowi Ajak Negara-negara Asia-Afrika Perangi ISIS

Nasional / 22 April 2015

Kalangan Sendiri

Jokowi Ajak Negara-negara Asia-Afrika Perangi ISIS

daniel.tanamal Official Writer
2280
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Dalam pidatonya di pembukaan Konferensi Asia Afrika Presiden Joko Widodo mengajak negara-negara Asia dan Afrika untuk memerangi radikalisme yang merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi di seluruh dunia.

Jokowi secara khusus menyebutkan ISIS sebagai kelompok radikal yang mengancam keamanan dunia. "Kita harus menghadapi kekerasan, pertikaian dan radikalisme, ISIS," ujarnya yang juga mengatakan bahwa negara-negara Asia Afrka harus bekerja sama dalam menghadapi tantangan stabilitas, Rabu (22/4).

Saat berbicara mengenai keamanan, Jokowi juga mengajak   untuk menjaga stabilitas kelautan. Masalah maritim juga menjadi salah satu perhatian khusus, salah satunya dengan diselenggarakannya pertemuan sampingan soal kelautan kemarin. "Kita harus bekerja sama memastikan bahwa samudera kita, laut kita aman bagi lalu lintas perdagangan, dan agar sengketa antar negara tidak diselesaikan dengan kekerasan," tambahnya.

Terkait ISIS, gerombolan teroris ini masih menebar ancaman yang terus melebar hingga ke Libya dan Mesir. Saat ini, negara-negara Asia berupaya keras membendung pengaruh ISIS yang berpotensi memicu kekerasan di dalam negeri. Upaya juga dilakukan untuk mencegah pergerakan warga untuk bergabung dengan ISIS, salah satunya dengan memperketat perjalanan warga.



Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami