5 Panduan Berbisnis Bagi Pemula
Sumber: Google

Entrepreneurship / 22 April 2015

Kalangan Sendiri

5 Panduan Berbisnis Bagi Pemula

Theresia Karo Karo Official Writer
4106
Sukses membangun usaha tentu menjadi harapan bagi setiap wirausahawan. Namun, sebelum memulainya, kekhawatiran akan keberhasilan bisnis sering terbayang. Untuk itu, berikut lima panduan sebagai langkah awal dalam membangun usaha:

Perhatikan sekeliling
Mulailah dari hal yang sederhana, misalnya produk apa yang ingin di tawarkan. Untuk ini, jangan dibuat ribet. Perhatikan sekitar, lihat apa yang menjadi kebutuhan dari banyak orang. Karena dengan ide sederhana sekalipun anda juga bisa meraih kesuksesan.

Pembeda
Setelah anda menemukan kebutuhan para konsumen, mungkin anda bukan orang pertama yang menawarkan barang atau jasa tersebut. Banyak wirausahawan lain yang menjajakan hal yang serupa. Maka saat itulah anda segera menggali kreativitas dalam diri anda.

Berikan apa yang belum diberikan para pebisnis sebelumnya. Usahakan untuk memilih produk yang berbeda dengan produk pada umumnya. Keunikan tidak hanya terbatas pada bentuk, namun juga bisa dari proses pembuatannya, presentasi atau kombinasi produk.

Promosi
Hal ini tentu tidak bisa ditinggalkan untuk pengembangan usaha anda. Saat ini banyak media yang bisa menjadi promosi, dari yang berbayar hingga yang gratis. Bila tidak ingin ‘kantong bolong’ anda bisa memanfaatkan promosi di media sosial, seperti Blackberry Messanger (BBM), Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lainnya. Selain murah, media promosi ini mudah digunakan dan akrab dengan kehidupan banyak orang.

Tempat usaha, optional
Jangan terlalu membebani pikiran anda dengan mencari tempat usaha strategis. Membangun usaha tentu membutuhkan biaya yang lumayan. Daripada anda menghabiskan sebagian besar pada penyewaan tempat, sebaiknya mulai usaha anda dari rumah atau secara online.

Pilihan pembayaran
Terutama bagi pelaku bisnis online. Alasannya, saat ini banyak orang yang memilih transaksi menggunakan kartu kredit atau debit dibandingkan dengan uang cash. Untuk kemudahan konsumen, sebaiknya anda menyediakan alternatif pembayaran.

Sumber : Tribunnews/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami