Keaslian Kain Kafan Yesus Masih Menjadi Misteri
Sumber: BBC

Internasional / 20 April 2015

Kalangan Sendiri

Keaslian Kain Kafan Yesus Masih Menjadi Misteri

Theresia Karo Karo Official Writer
4443
Shroud of Turin atau kain kafan legendaris merupakan salah satu peninggalan paling religius di dunia. Pasalnya, kain kafan ini pernah digunakan oleh Yesus. Untuk membuktikan kebenarannya, para ilmuwan telah melakukan beragam penelitian.

Penelitian secara ilmiah telah dilakukan sejak 1898, di mana seorang fotografer amatir Italia Secondo Pia memotret sebuah kain yang tampak biasa. Setelah melihat film negatifnya, dia melihat gambar wajah seorang pria berjenggot dengan luka di seluruh tubuhnya yang mengarah pada citra tubuh dengan luka siksaan yang disinyalir milik Yesus.

Sejumlah penelitian oleh ahli fisika dan kimia terus dilakukan untuk mengukur usia dan komposisi gambar. Selain itu, ahli forensik, mikrobiologi dan botani juga melakukan analisis pada noda darah dan kandungan lain pada kain kafan tersebut.

Mulai dari analisis yang menyimpulkan, “citra pada kain kafan ini adalah nyata yang menggambarkan manusia yang dicambuk dan disalib. Ini bukanlah hasil olahan seniman.” Analisis lainnya mengungkapkan bahwa pada kain tersebut ditemukan noda darah dengan kandungan hemoglobin dan serum albumin. Akan tetapi kesimpulan penelitian kerap berujung pada teka-teki.

Hingga saat ini kesimpulannya masih menjadi misteri tersendiri dan menuai pro kontra di berbagai kalangan. Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang percaya bahwa kain kafan itu adalah milik Yesus.

Dilansir dari National Geographic, seorang ahli fisika Italia Paolo Di Lazzaro mengatakan, “Begitu sulit untuk memberikan kesimpulan lengkap perihal teka-teki yang ditimbulkan dari selembar kain kafan,” tuturnya.

Sejak kemarin (19/4), masyarakat bisa melihat langsung Shroud of Turin di Katedral Turin. Pameran ini rencananya akan diadakan selama tujuh hari kedepan.

Sumber : Nationalgeographic/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami