Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
6823


Aktor senior Reza Rahadian tampaknya memang sosok yang tepat mengambil peran dalam beragam film-film besar. Setelah menokohi film biopik B.J Habibie di Habibie dan Ainun, Reza Rahadian kembali ditunjukkan memerankan tokoh besar bangsa HOS Tjokroaminoto di Guru Bangsa: Tjokroaminoto garapan Garin Nugroho.

Film ini berkisah tentang perjuangan HOS Tjokroaminoto semasa jaman penjajahan sebagai figur yang memiliki pengaruh besar bagi kemajuan bangsa, termasuk sosok dibalik munculnya pemimpin-pemimpin besar bangsa seperti Soekarno, Semaoen, Musso dan Kartosoewirjo. Ia kala itu menjadi tokoh pendiri Sarekat Islam, organisasi pertama yang hadir untuk memperjuangkan persamaan hak dan martabat masyarakat pribumi di tengah penjajahan Hindia Belanda kala itu.

Tjokro adalah sosok yang lahir di tengah kaum ningrat, intelektual, ahli mesin dan hukum, penulis surat kabar, kritis dan ahli pidato dan orator ulung yang mampu membius ribuan orang yang mendengarnya. Sisi keberanian dalam Tjokro membuat pemerintah Hindia Belanda gentar, sehingga mereka berupaya menyingkirkan Tjokro dengan memecah belah kesatuan dalam organisasi tersebut.

Tak mudah memang  menampilkan film berlatar sejarah. Namun hal ini bukan soal bagi Garin karena dirinya berhasil mengemas film dengan sisi yang sedikit berbeda, yakni dengan tambahan bumbu seni musikal yang terdengar indah. Seperti adegan Tjokro (Reza) dan Soeharsikin (Putri Ayudya) yang menunjukkan kebolehan dalam bernyanyi dan sedikit berdendang.

Penampilan menarik dari Deva Mahendra, Chelsea Islan, Ibnu Jamil, Tanta Ginting serta dukungan aktor dan aktris senior seperti Soedjiwo Tedjo, Christine Hakim dan Didi Petet semakin memperkuat kualitas akting film ini.

Garin benar-benar menunjukkan bahwa Guru Besar Tjokroaminoto menjadi film biopik handal.  Meski kelihatan tampak begitu kompleks namun ditata dengan teknikal yang berkelas, penampilan pemain yang solid serta arahan cerita yang menggambarkan kondisi politik Indonesia di jaman penjajahan Hindia Belanda.

Dari film ini kita diingatkan kembali bahwa bangsa ini tetap merindukan kehadiran sosok guru besar seperti HOS Tjrokroaminoto. Sosok yang sudah banyak melahirkan pemikiran-pemikiran besar untuk kemajuan bangsa serta sosok berpengaruh yang mampu melahirkan pemimpin besar sekaliber Soekarno dan Kartosoewirjo. Selain itu, kita diajarkan tentang menjadi sosok pemimpin yang berdampak.

 

Guru Bangsa: Tjokroaminoto ( 2015 )

Sutradara Garin Nugroho

Penulis : Ari Syarif, Sabrang Mowo Damar Panuluh, Erik Supit

Genre : Drama, Biography

Pemain : Reza Rahadian, Christine Hakim, Alex Abbad, Egi Fedly, Chelsea Islan, Maia Estianty, Alex Komang, Ibnu Jamil, Deva Mahendra, Tanta Ginting, Putri Ayudya, Sujiwo Tejo, Christoffer Nelwan, Arjan Onderdenwijngaard

Produksi : Pic[k]lock Production/Yayasan Keluarga Besar HOS Tjokroaminoto/MSH Films

Durasi : 161 menit

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

C N Kaunang 29 February 2020 - 10:29:37

anak menentang

0 Answer

Blante Reynaldy Sirait 29 February 2020 - 00:05:48

Kemalasan

0 Answer

Abram is 28 February 2020 - 19:37:25

Makanan

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7268

Banner Mitra Februari 2020 (3)