8 Tips Miliki Berat Badan yang Ideal

8 Tips Miliki Berat Badan yang Ideal

Lori Official Writer
4216
<!-- endif]-->

Anda merasa tak percaya diri dengan tubuh tanpa bentuk alias kurus? Meskipun telah melakukan beragam cara namun tetap saja tidak membuat tubuh Anda menjadi lebih berisi. Kondisi ini memang akan menjadi persoalan bila ternyata penyebabnya adalah kekurangan nutrisi atau mengidap penyakit tertentu.

Namun ada cara sehat yang bisa Anda coba untuk memiliki berat badan ideal ala postur tubuh Nadia Hutagalung atau Raline Shah, seperti berikut :

1. Periksa terlebih dahulu kesehatan Anda

Cara untuk meningkatkan berat badan adalah dengan mengetahui kondisi kesehatan Anda terlebih dahulu khususnya penyebab mengapa berat badan bisa berkurang. Check berat badan normal sesuai dengan indeks massa tubuh Anda. Bagi Anda yang mengalami penurunan berat badan secara drastis bisa dilatarbelakangi oleh hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif, penyakit coeliac yang membuat tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan serta gangguan makanan seperti anoreksia nervosa.

Bila Anda terbukti terserang salah satu penyakit di atas, maka bantuan medis secara khusus patut Anda dapatkan.

2. Konsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi

Bagi Anda yang tidak memiliki didiagnosa serangan penyakit di atas bisa meningkatkan berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan mineral, vitamin dan nutrisi. Bukan malah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan kadar gula tinggi. Sebisa mungkin konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan serta sumber protein tanpa lemak (tahu, temped an daging ayam).

3. Makan lebih sering

Orang kurus biasanya akan mudah kenyang. Nah, untuk menyiasatinya Anda bisa saja menambah waktu makan dari tiga kali sehari menjadi 5-6 kali sehari, dengan porsi kecil.

4. Minum lebih banyak jus atau smoothies

Jus dan smoothies adalah pilihan sumber vitamin alami yang bisa Anda hasilkan dari buah dan sayur-sayuran hijau. Untungnya, jus dan smoothies sangat praktis dibuat sendiri sehingga tak ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya miniman satu kali sehari.

5. Mengemil lebih banyak

Atur jam makan Anda dengan menjadwalkan waktu untuk mengemil makanan sehat seperti buah kurma, jagung rebus, kacang kedelai, avokad dan salad sayur. Sebisa mungkin hindari makanan-makanan yang mengandung banyak minyak.

6. Tambahkan kalori pada makanan Anda

Saat sarapan dengan roti, coba taburkan keju parut di atasnya atau telur dadar pada sup ayam Anda. Pilihlah makanan tinggi kalori yang sehat dan tidak mengakibatkan kelebihan glukosa dalam tubuh Anda.

7. Atur minum 30 menit setelah makan

Secara medis, minum air sebelum makan bisa membuat perut terasa kenyang. Akibatnya, selera makan akan menurun dan menolak untuk makan. Nah, agar selera makan tetap tinggi dan makanan berfungsi baik bagi penambah berat badan, minumlah 30 menit setelah makan karena hal itu akan lebih mudah menyerap lebih banyak kalori dalam tubuh.

8. Olahraga teratur dan istirahat cukup

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan loh. Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga bisa membentuk otot menjadi lebih kuat serta membentuk tubuh menjadi lebih berisi. Anda bisa saja mencoba olahraga seperti aerobik, angkat beban, bersepeda statis, berenang dan lari. Seimbangkan olahraga dengan waktu tidur yang cukup. Sebab waktu tidur yang cukup sangat efektif untuk menjaga metabolisme tubuh yang sangat berpengaruh pada peningkatan berat badan Anda.

Dengan mengikuti panduan di atas, tubuh yang ideal dan sehat diharapkan bukan lagi sekadar impian.

Sumber : Alodokter.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Hot Topics

  1. GKI Yasmin
  2. Ayat Alkitab
  3. Pelecehan Seksual
  4. Tokoh Alkitab
  5. Doa

Related Articles

Ikuti Kami