Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Lewat Investasi

Parenting / 14 April 2015

Kalangan Sendiri

Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Lewat Investasi

Theresia Karo Karo Official Writer
2999
Memberikan yang terbaik untuk anak memang menjadi harapan bagi setiap orang tua. Mulai dari pemenuhan kebutuhan hingga pendidikan mereka kelak. Dan tidak dipungkiri, untuk mendapatkan pendidikan terbaik, orang tua harus siapkan dana yang tidak sedikit. 

Dilansir dari Tabloidnova.com, setiap tahunnya, rata-rata uang sekolah naik sekitar 15-20 persen, sedangkan pendapatan masyarakat Indonesia cenderung stagnan. Untuk menghadapi ini, setiap pengelola keuangan keluarga yakni istri atau ibu harus ‘memutar otak’ demi pendidikan anak yang berkualitas.

Untuk kesiapan dana pendidikan terdapat alternatif lain yang bisa dilakukan selain dengan asuransi. Untuk mengamankan dana pendidikan anak yang kerap naik setiap tahunnya bisa diatasi dengan investasi. Hal ini dikarenakan investasi dapat mengulangi sifat stagnan nilai mata uang tunai yang bahkan cenderung menurun. Berikut empat alternatif investasi untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak:

Deposito dan reksadana pasar uang
Jenis simpanan ini dapat digunakan untuk membayar keperluan uang pangkal sekolah tingkat TK dan SD (Sekolah Dasar). Deposito dan reksadana pasar uang mudah dicairkan, sehingga dapat digunakan untuk memenuhi keperluan yang kurang dari lima tahun.

Reksadana pendapatan tetap

Investasi jenis ini, jangka waktunya adalah 5 -10 tahun. Bila orang tua mempersiapkan reksadana pendapatan tetap ini sejak anak lahir, maka investasi ini dapat digunakan sebagai uang masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Reksadana campuran

Merupakan reksadana yang melakukan investasi dalam efek ekuitas dan efek hutang. Investasi ini bisa dipakai untuk mempersiapkan yang pangkal masuk sekolah tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas). Yang penting, reksadana campuran ini dijalankan secara teratur.

Reksa dana saham
Reksadana saham merupakan investasi saham. Pertumbuhan reksadana saham pada umumnya memberikan hasil yang lebih tinggi dari jenis reksadana lainnya. Meskipun begitu, keuntungan dan risiko berbanding lurus. Investasi jenis ini dapat digunakan orang tua sebagai dana pendidikan anak untuk masuk universitas.

Sumber : Tabloidnova/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami