Atasi Negative Thinking dengan 5 Cara Ini
Sumber: Google

Single / 14 April 2015

Kalangan Sendiri

Atasi Negative Thinking dengan 5 Cara Ini

Theresia Karo Karo Official Writer
10174
Sadar atau tidak, hal yang paling mengganggu dan memberi dampak negatif dalam kehidupan kita justru berasal dari pikiran negatif yang muncul dari diri sendiri. Sangat disayangkan bila hidup kita hanya tentang keluhan dan penyesalan.

Memang tidak mudah untuk mencoba berpikir lebih positif dan optimis. Meskipun sulit bukan berarti kita tidak bisa. Karena perubahan ini akan sangat membantu kita dalam menemukan kebahagiaan dalam hidup. Pertama, yang dibutuhkan adalah komitmen untuk mau berubah lebih positif dan usaha yang lebih untuk menghilangkan negative thinking.

Fokus pada tujuan
Saat ini tentukan tujuan hidup anda, apa yang anda inginkan dalam hidup. Selanjutnya adalah berusaha untuk fokus pada ‘gol’ anda. Untuk mencapainya sangat dibutuhkan usaha dan perjuangan yang lebih, sebab tidak ada orang yang meraih tujuannya dengan cara yang mudah.

Kemungkinan gagal akan selalu ada. Meskipun begitu, saat anda bisa menjaga pikiran anda tetap positif dan tidak mau menyerah kegagalan bukan menjadi halangan, namun menjadi pemacu untuk anda mencapai ‘gol’. “If you can quit, quit. If you can't quit, stop complaining - this is what you chose.” -  J.A Konrath.

Role model
Dari kesuksesan orang lain anda bisa belajar tentang pengalaman hidup mereka. Mungkin dari tokoh idola atau seseorang yang anda kagumi. Kesuksesan yang mereka nikmati saat ini merupakan ‘buah’ setiap proses pembelajaran, usaha, dan kerja keras. Belajar dari pengalaman orang lain membuat kita semakin berhati-hati dalam mencapai tujuan kita. 
 
Kita punya hak untuk bersedih
Merasakan emosi merupakan hal manusiawi. Sedih, marah, tangis, kecewa merupakan emosi yang mungkin kita temui saat menemui kesulitan dan kegagalan. Inilah saatnya kita perlu berdamai dengan perasaan diri sendiri. Sehingga kita bisa melanjutkan perjalanan kehidupan tadi.

Sibukkan diri
Mungkin saat ini anda tengah menghadapi masalah yang sangat berat sehingga menyita hati dan pikiran. Jangan biarkan diri terperangkap terlalu lama dalam pikiran negatif. Lepaskan emosi anda dengan melakukan sesuatu. Bisa dengan membuat karya, menikmati hobi, berolahraga, atau kegiatan positif lainnya yang dapat menyibukkan diri.

Tetap bersyukur

Untuk apapun yang terjadi dalam hidup kita, bersukurlah! Sebab Tuhan tidak akan membiarkan anda melewati semuanya sendiri. Diatas segala masalah kita, ada Allah yang lebih besar mengatasi apapun juga.

Sederhananya, bersyukurlah untuk hangatnya sinar matahari, sejuknya hembusan angin, keluarga apapun yang ada di sekitar anda saat ini. Lihat ke arah langit, tarik napas, dan hembuskan perlahan, hal ini mampu membantu perasaan anda menjadi lebih baik.

Setiap orang berhak untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Jangan buang waktu kita dengan pikiran negatif yang menghambat kemajuan. “Keep your face always toward the sunshine - and shadows will fall behind you.” - Walt Whitman


Sumber : Vemale/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami