Pengaruh Soda Pada Pubertas Remaja Perempuan

Pengaruh Soda Pada Pubertas Remaja Perempuan

Theresia Karo Karo Official Writer
2948
Selain meningkatkan berat badan, soda dan minuman manis lainnya turut mempengaruhi periode menstruasi (masa pubertas) remaja perempuan. Sebuah penelitian menemukan bahwa remaja perempuan yang gemar mengkonsumsi minuman soda dan manis cenderung mengalami menstruasi lebih awal dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi.

Para peneliti melakukan studi terhadap lebih dari 5.500 gadis di Amerika dengan rentang usia 9-14 tahun. Seluruh responden ini selanjutnya diberikan pertanyaan menyangkut konsumsi gula sehari-hari.

Ditemukan hasil bahwa anak perempuan yang meminum lebih dari 1,5 porsi minuman manis setiap hari lebih cepat tiga bulan dalam periode menstruasi. Mengutip dari Foxnews (9/4), salah satu peneliti mengungkapkan, “jika temuan ini benar, kami khawatir pubertas awal akan mengganggu remaja perempuan dari segi psikologis.”

Tidak hanya itu, para peneliti mengatakan bahwa percepatan pubertas pada seorang anak perempuan berhubungan dengan meningkatnya risiko kanker payudara sebesar 5 persen. Walaupun terbilang kecil, namun dampaknya tetap tidak boleh diabaikan. Antisipasi bisa dilakukan dengan mengurangi kebiasaan minum-minuman manis pada remaja putri sejak sekarang.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal Human Reproduction ini menyatakan bahwa para peneliti tidak sekedar menganalisa yang di konsumsi oleh para remaja perempuan, mereka juga turut mengukur faktor lainnya, seperti tinggi badan, indeks masa tubuh, etnis, dan aktivitasnya sehari-hari.

Sumber : Metrotvnews/Shutterstock by tk

Ikuti Kami