Wah, Pengering Tangan Ternyata Sumber Bakteri!

Wah, Pengering Tangan Ternyata Sumber Bakteri!

Lori Official Writer
3306
<!-- endif]-->

Sebelumnya Anda mungkin berpikir bahwa pengering tangan atau hand dryer jauh lebih aman mengeringkan tangan setelah dari toilet dibanding dengan menggunakan handuk atau tissue. Namun sebuah penelitian di University of Leeds, Inggris menyatakan bahwa metode paling aman dalam mengeringkan tangan untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri adalah dengan menggunakan handuk atau tissue.

Studi yang dipimpin Professor Mark Wilcox ini menemukan fakta bahwa menggunakan mesin pengering tangan justru dapat menyebarkan kuman dari tangan ke udara sekitar. Bakteri yang tersebar ke udara tersebut kemudian dapat menempel dengan mudah kepada orang lain di dalam toilet.

Para peneliti membuktikan hal itu dari hasil uji coba terhadap responden dengan tangan yang terkontaminasi dengan bakteri berbahaya sejenis Lactobacillus. Lalu responden membilas tangan dan mengeringkannya dengan hand dryer.

Saat menggunakan pengering tangan, peneliti mengambil sample udara di sekitar pengering tersebut sampai jarak 2 meter di sekitarnya. Hasil tes menunjukkan bahwa bakteri Lactobacillus masih tetap hidup dan tersebar saat tangan sudah dikeringkan. Bila dibandingkan dengan menggunakan handuk atau tissue, bakteri dengan pengering tangan menyebarkan bakteri 27 kali lebih banyak.

“Temuan ini penting untuk memahami cara-cara bagaimana bakteri dengan potensi menularkan penyakit bisa tersebar. Jadi lain kali Anda mengeringkan tangan di toilet umum menggunakan pengering udara, Anda mungkin telah menyebarkan bakteri tanpa disadari. Atau Anda mungkin juga akan berlumur bakteri dari tangan orang lain,” terang Wilcox.

Jadi meskipun terkesan begitu konvensional, tissue atau handuk masih dianggap jauh lebih aman untuk mencegah penyebaran bakteri dibanding menggunakan pengering tangan. Selain itu, para peneliti juga menghimbau agar tangan yang terkontaminasi kotoran sebaiknya dicuci bersih, bila perlu menggunakan sabun anti-bacterian, lalu tangan dikeringkan dengan handuk bersih. Cara ini tak hanya membebaskan Anda dari kuman penyakit, tetapi juga menyelamatkan orang lain dari penyebaran kuman yang bersumber dari diri Anda sendiri.

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami