Sukses Gaet Calon Investor Dengan Strategi ‘Pitching’

Sukses Gaet Calon Investor Dengan Strategi ‘Pitching’

Lori Official Writer
3980
Merintis sebuah usaha memang tidak mudah. Namun di zaman yang bergerak cepat dan kreatif ini, beragam strategi dikerahkan demi menarik para pemilik modal untuk menanamkan uangnya dalam sebuah bisnis yang menawarkan masa depan yang cerah.

Salah satu strategi yang banyak digunakan oleh para pengusaha, terutama para pemula, adalah dengan pitching. Ini adalah istilah yang merujuk pada kegiatan mempresentasikan sebuah ide bisnis kepada calon investor dengan tujuan mengumpulkan dana dari mereka yang akan digunakan untuk membangun rencana bisnis tersebut.

Untuk menjalankan strategi pitching dengan sukses, para pengusaha sepatutnya mengikuti tips-tips berikut:

1. Singkat dan Detail

Basa basi hanya akan membuat para calon investor merasa bosan dan tidak percaya dengan segala umbaran Anda. Dengan itu, berusahalah untuk menyampaikan ide bisnis secara detail, keep it short and simple, dan sesuai dengan realitas. Fokuslah pada apa yang hendak Anda lakukan dengan modal yang akan mereka tanamkan dalam bisnis Anda.

2. Jujur dan Blak-Blakan

Mulailah dengan mengungkapkan masalah-masalah yang ada secara jujur dan blak-blakan. Ajak lawan bicara untuk memahami masalah apa yang terjadi ke depan. Jika sudah yakin lawan bicara memahami dan mengerti betul apa yang menjadi masalahnya, baru sebutkan apa solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Ini tentunya adalah produk atau jasa yang ditawarkan untuk dijual.

3. Bangun Pembicaraan Dua Arah

Saat calon investor menyampaikan solusi terhadap masalah bisnis yang kungkin akan mengancam, tanyakan kembali secara singkat mengapa solusi yang ditawarkan tersebut lebih baik dari solusi yang lain. Buat calon investor menyadari kehebatan ataupun keunikan dari solusi yang ditawarkan.

4. Kontrol Diri

Pada dasarnya, saat melakukan pitching, Anda hanya perlu memperkenalkan dan mempromosikan ide brilian yang sudah Anda konsep. Jika calon investor sudah memahami apa yang dimaksudkan dari pembicaraan tersebut, maka biarkan mereka menentukan sikapnya; memilih untuk bergabung dengan menerima feed back kembali dengan meyakinkan diri lewat sejumlah pertanyaan-pertanyaan. Jika tidak, cobalah mengontrol diri dan berhenti berbicara sembari mengatur gerak tubuh dengan senyuman dan sikap terbuka.

5. Tampilkan Presentasi yang Unik

Bila Anda merasa perlu menampilkan sesuatu hal yang lebih menarik, maka pilihlah cara yang unik dan menarik. Misalnya, dengan menjelaskan dengan beragam fakta dan data dibarengi dengan visual yang meyakinkan.

Strategi pitching menjadi word of mouth dalam dunia bisnis atau marketing karena menjadi kekuatan dalam memperkenalkan, menawarkan dan mempresentasikan sebuah ide bisnis kepada pemilik modal. Semoga dengan lima tips pitching di atas bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis dengan baik dan sukses.

Sumber : Yukbisnis.com/Krona.cc

Ikuti Kami